Alami Masalah Tidur selama Pandemi COVID-19? Ini Beberapa Cara Mengatasinya

Annissa Wulan26 Okt 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 11:00 WIB
Alami Masalah Tidur selama Pandemi COVID-19? Ini Beberapa Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jika kamu mendapati diri sendiri sedang mengalami kesulitan tidur selama beberapa waktu terakhir, jangan khawatir, karena kamu tidak sendirian. Gangguan tidur selama pandemi COVID-19 ini dikatakan sebagai hal yang normal.

Ada beberapa masalah tidur yang umum selama pandemi COVID-19 ini, termasuk insomnia, mimpi buruk, kedutan, pola tidur tidak teratur, sleep apnea, dan gigi bergeretak. Sayangnya, istirahat malam yang baik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, sehingga kamu perlu mengatasi masalah ini, sebelum menjadi tak terkendali, seperti dilansir dari huffpost.com.

Mengenal masalah tidur yang paling umum selama masa pandemi COVID-19

Disebut Coronasomnia, fenomena yang sangat nyata, karena diperkirakan sekitar 50 hingga 70 juta orang dewasa mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, yang menjadi lebih umum lagi sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Insomnia juga sering dipasangkan dengan tingkat disfungsi siang hari, yaitu menghambat fungsi kognitif, memperburuk Depresi, dan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Kamu juga mungkin mengembangkan masalah yang melibatkan mulut seperti menggertakkan gigi saat tidur. Banyak ahli percaya bahwa gangguan tidur selama pandemi COVID-19 adalah akibat dari stres kronis dan trauma, yang menyebabkan tubuh tidak tahu kapan harus berhenti terlibat dalam strategi bertahan hidup ketika terpapar oleh stresor.

 

Cara mengatasinya

Alami Masalah Tidur selama Pandemi COVID-19? Ini Beberapa Cara Mengatasinya
Simak di sini beberapa cara mengatasi gangguan tidur yang dialami selama pandemi COVID-19.

Pendekatan produktif untuk mengatasi masalah tidur adalah mempraktikkan kebersihan yang baik. Ini berarti mengadopsi kebiasaan malam hari yang lebih sehat dan menciptakan lingkungan kamar tidur yang santai, yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Kamu juga bisa mengurangi penggunaan ponsel dengan menghindarinya selama 30 sampai 1 jam sebelum waktu tidur. Namun, jika masalah tidur sampai mengganggu aktivitasmu sehari-hari, segeralah berkonsultasi dengan ahli atau profesional untuk mencari bantuan.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela