Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Stres dan banyak pikiran menjadi beberapa penyebab yang dapat memperburuk kesehatan mental kita, karena kesehatan mental mencakup aspek emosional, piskologis dan sosial. Kesehatan mental yang baik juga akan memengaruhi kualitas hidup kita, jadi harus dijaga dan dipenuhi dengan baik.

Berikut ini beberapa kebiasan yang dapat menjaga kesehatan mental kita.

1. Tidur yang cukup

Tidur itu penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar daoat mengisi ulang energi. Tidur juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi suasana hatimu. Inilah yang menyebabkan kalau kamu kurang tidur, kamu mudah badmood dan marah-marah tidak jelas. Kurang tidur juga akan memengaruhi kesehatan fisikmu.

2. Makan sehat dan olahraga

Makanan yang sehat dan olahraga ternyata dapat memengaruhi kondisi mentalmu. Dengan makan makanan sehat yang penuh nutrisi akan dapat meningkatkan kesejahteraan badan secara keseluruhan yang mengurangi kecemasan dan stres. Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hatimu karena tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin.

3. Katakan hal positif pada dirimu

Cara kita memperlakukan dan memandang diri kita sendiri sangat memengaruhi kondisi perasaan. Jadi, kalau kamu selalu berbicara yang positif tentang dirimu, maka kamu juga akan mendapatkan kekuatan untuk mengerjakan sesuatu secara positif. Sebaliknya, jika kamu sering berpandangan negatif tentang diri sendiri maka hal yang ada hanya rasa pesimis dan rendah diri.

4. Berbagi cerira

Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain juga dapat melepaskan beban pikiran dan stres, salah satunya dengan cara berbagi hal yang kamu rasakan. Saat kamu memiliki masalah atau saat kamu merasa tidak nyaman dengan sesuatu, carilah orang yang kamu percaya untuk diajak berbagi cerira. Dengan berbagi cerita, kamu akan merasa lega dan setidaknya suasana hati akan menjadi lebih tenang.

5. Melakukan kebaikan

Ternyata melakukan kebaikan misalnya dengan membantu orang lain bisa menjaga kesehatan mental kita. Saat melalukan kebaikan, perasaan kita akan menjadi lebih positif dan bahagia. Sebab, saat kita melakukan kebaikan tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yang merupakah salah satu hormon kebahagiaan. Dengang melakukan kebaikan, kamu juga akan dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, jadi agar hidup kita seimbang, kita juga harus bisa memenuhi keduanya dengan seimbang.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading