Sukses

Health

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Menahan Tangisan

Fimela.com, Jakarta Kita biasanya menahan tangisan untuk menutupi kesedihan dan ini memang wajar dialami siapa saja. Ada banyak alasan yang membuat kita menahan tangis, agar kita terlihat baik-baik saja, menuruti ego, ingin terlihat kuat, untuk menghargai orang lain atau bahkan malu.

Tetapi, tahukah kamu, kalau menahan tangisan bisa menyebabkan beberapa reaksi dalam tubuh kita sehingga berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kita.

Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh saat kita menahan tangisan.

1. Menyebabkan stres

Saat kita menahan tangisan, tubuh akan menginformasikan ke otak bahwa ini adalah pertanda stres. Dan tubuh mengeluarkan hormon stres bernama kortisol. Makanya, saaat menahan tangisan, kita justru akan merasa beban pikiran kita semakin berat dibanding dengan memgeluarkannya.

2. Masalah kesehatan

Menahan tangisan dalam waktu yang lama dapat menybabkan beberapa masalah kesehatan pada tubuh, seperti perasaan cemas, kurang tidur dan tidak nafsu makan. Jadi daripada harus menahan tangisan, sebaiknya hilangkan stres dengan cara lain seperti berjalan-jalan atau mendengarkan musik.

3. Tubuh merasa lelah

Menangis dapat membantu tubuhmu menjadi lebih rileks dan kembali bugar. Sebaliknya, menahan tangisan akan berdampak buruk pada tubuh. Saat menahan tangisan, tubuh tidak optimal mengaktifkan saraf parasimpatis, yang membantu tubuh agar lebih mudah beristirahat dan mengurangi rasa lelah.

4. Detak jantung meningkat

Ketika kita menahan tangisan, sistem saraf simpatik akan mempercepat detak dan kontraksi otot jantung. Ketika pembuluh darah besar melebar, hal itu akan meningkatkan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan tubuh jadi tidak rileks dan kurang istirahat.

5. Otot jadi tegang

Pelepasan hormon yang cepat mengirimkan darah ekstra ke semua otot tubuh. Ini lebih sering terjadi saat tubuh dedang stres. Begitu juga saat menahan tangis, otot akan menegang yang membuat kita jadi tidak nyaman, kurang istirahat dan sensitif.

Walau terlihat sepele, ternyata menahan tangisan adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan hingga stres pada tubuh. Jadi, sebaiknya tidak dihindari, ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading