5 Manfaat Tidur tanpa Menggunakan Bra

Baiq Nurul Nahdiat13 Okt 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 13 Okt 2021, 13:45 WIB
Manfaat tidur tanpa bra

Fimela.com, Jakarta Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau Hari Tanpa Bra. Ternyata, kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan soal kanker payudara. Diharapkan perempuan dapat melakukan pemeriksaan sendiri terkait gejalan kanker payudara yang mungkin ditemukan.

Berbicara tentang Hari Tanpa Bra, ternyata memang ada manfaatnya, lho, kalau kita tidur tanpa menggunakan bra. Ini berkaitan dengan kesehatan tubuh dan kualitas tidur yang lebih baik.

Seperti yang dilansir dari Topofy, inilah lima manfaat tidur tanpa bra.

1. Tidur lebih nyenyak

Pernapasan yang tepat sangat penting untuk tidur yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa bernapas dalam tidur lebih sulit, karena paru-paru akan menyempit. Pakaian ketat seperti bra bisa membatasi gerakan pernapasan. Sebaliknya, dengan melepas bra, maka tidur akan lebih nyaman karena dada bisa mengembang dengan bebas.

2. Terhindar dari iritasi

Tali, kawat bawah, kancing, dan pengait bra yang pas bisa melukai tubuh kita saat tidur. Yang menyebabkan lecet dan kemerahan bahkan iritasi. Jadi, tidur tanpa bra adalah cara yang bagus untuk menghindari iritasi pada kulit.

3. Mencegah permasalahan kulit

Manfaat tidur tanpa bra
Manfaat tidur tanpa bra. (Ilustrasi/credit via shutterstock)

Tidur dengan bra, terutama dalam cuaca panas dan lembap, dapat menyebabkan tubuh berkeringat. Bra yang berkeringat dapat menyebabkan jerawat dan bau badan. Jadi, jika kamu ingin menjaga kulit tetap bersih, hindari memakai bra pada saat tidur.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Setiap bra pada dasarnya dirancang untuk menekan pembuluh darah, terlebih jenis bra kawat dan sport bra. Kalau kamu tidur menggunakan bra yang ketat akan membatasi gerak otot-otot dada. Sehingga, tidur dengan melepas dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar.

5. Dapat mencegah hiperpigmentasi

Manfaat tidur tanpa bra
Manfaat tidur tanpa bra. (ilustrasi/copyright by Travelpixs/Shutterstock)

Bra yang pas dapat meninggalkan lekukan atau bekas pada kulit. Mengenakan bra secara terus menerus dapat membuat bekasnya jadi permanen. Untuk mencegah jaringan parut dan hiperpigmentasi, kenakan atasan yang longgar agar kulit lebih tenang atau rileks.

Nah, itulah beberapa manfaat tidur tanpa menggunakan bra yang bisa kamu biasakan untuk mendapatkan kualitas tidur dan kesehatan yang lebih baik.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela