Penelitian Membuktikan, Hobi Melakukan Ini Terbukti Bikin Awet Muda

Febi Anindya Kirana25 Okt 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 25 Okt 2021, 17:45 WIB
perempuan memegang bunga

Fimela.com, Jakarta Semua hobi pasti memiliki manfaat tersendiri bagi peminatnya karena pada umumnya sebuah hobi yang digeluti mampu memberikan efek membahagiakan dan melepaskan stres. Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada satu hobi sederhana yang juga mampu membuatmu tetap hidup awet muda.

Hobi itu adalah tertawa. Dilansir dari WebMd, sebuah penelitian yang dimuat dalam Psychology and Aging menemukan bahwa tertawa mampu membuatmu terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Tertawa membuatmu terlihat muda

pasangan tua bahagia
ilustrasi orang tua tertawa/ interstid/Shutterstock

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 154 orang dewasa muda, setengah baya, dan lebih tua menebak usia 171 wajah laki-laki dan perempuan muda, setengah baya, dan lebih tua dengan berbagai ekspresi yang digambarkan pada total 2.052 foto. Setiap wajah menampilkan ekspresi marah, takut, jijik, senang, sedih, dan netral.

Ternyata, hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi wajah berpengaruh besar terhadap keakuratan prediksi usia seseorang. Dibandingkan ekspresi wajah lainnya, wajah tersenyum kemungkinan besar memebrikan kesan usia lebih muda pada siapa saja.

Para peneliti mengatakan bahwa foto wajah bahagia mungkin menyesatkan presepsi seseorang karena ketika tersenyum atau tertawa, wajah menciptakan kerutan sementara di sekitar mata dan mulut. Bukan hanya tampak lebih muda, tertawa atau tersenyum juga telah terbukti membuat orang terlihat lebih menarik (cantik/tampan).

Jadi, jangan ragu untuk membiasakan atau memiliki hobi tersenyum karena ternyata kamu jadi tampak lebh muda ketika memberikan senyuman.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela