Sukses

Health

Kabar Baik Lab Amerika Serikat Pertama di Dunia Mulai Uji Coba Vaksin Kanker Payudara Pada Manusia

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak kedua setelah kanker paru dengan jumlah kasus baru sebesar 2.089 Juta kasus dan kasus kematian nomor lima tertinggi, sebesar 627.000.

Melansir Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa lebih dari 80% kasus kanker payudara ditemukan berada pada stadium yang lanjut yang membuat upaya pengobatan sulit dilakukan. Padahal kanker payudara sangat mudah diobati ketika diketahui sejak dini.

Dengan rutin melakukan deteksi dini melalui cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis).

Bahkan ada berita baiknya, vaksin yang dibuat untuk mencegah kanker payudara kini telah menjalani uji coba manusia pertama setelah lebih dari dua dekade dikembangkan.

Vaksin, yang dikembangkan oleh Klinik Cleveland, telah dirancang untuk menargetkan protein spesifik (α-laktalbumin) yang umumnya diproduksi oleh kanker payudara triple-negatif, yang berjumlah 15 persen dari semua kasus kanker payudara.

Dinamakan kanker payudara triple-negatif karena kurangnya salah satu dari tiga karakteristik molekuler utama yang biasanya ditargetkan oleh metode pengobatan khas, membuatnya sangat mematikan.

"Gagasan umum di balik vaksin adalah bahwa laktalbumin bisa menjadi apa yang disebut target imunologis di mana kita dapat merangsang sistem kekebalan untuk menyerang sel-sel yang membuat protein itu," kata G. Thomas Budd, peneliti utama dalam percobaan tersebut melansir sea.mashable.com

Sebelum perkembangan ini, ada berbagai penelitian yang meneliti vaksin melawan kanker payudara triple-negatif, dan bahkan ada percobaan pada hewan yang menunjukkan bagaimana melatih sistem kekebalan untuk menargetkan sel penghasil -laktalbumin dapat memperlambat pertumbuhan tumor atau bahkan mencegahnya terjadi sejak awal.

“Apa yang kami coba lakukan adalah apa yang kami sebut intervensi primer. Ini sebenarnya mencegah penyakit itu terjadi. Kami tidak berusaha mencegah terulangnya. Kami berusaha mencegah munculnya tumor dan mencegahnya terjadi lagi," ujar Vincent Tuohy – penemu utama vaksin yang telah mengembangkannya selama hampir dua dekade.

Langkah selanjutnya: Apakah ini akan berhasil pada manusia?

Setelah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk diklasifikasikan sebagai obat, vaksin sekarang akhirnya akan beralih ke uji klinis pada manusia.

Tahap pertama uji coba akan melihat vaksin diuji pada 18 hingga 24 pasien yang telah menyelesaikan pengobatan untuk kanker payudara triple-negatif tahap awal dalam tiga tahun terakhir, bebas tumor, tetapi juga berisiko tinggi untuk kambuh. dari kanker.

Keberhasilan dalam fase ini akan melihat uji coba beralih untuk mengobati wanita bebas kanker yang berisiko tinggi terkena penyakit, termasuk kelompok dengan mutasi gen BRCA1 yang mengembangkan tumor payudara yang digolongkan sebagai kanker payudara triple-negatif 70 hingga 80 persen dari waktu.

"Kami berharap penelitian ini akan mengarah pada uji coba yang lebih maju untuk menentukan efektivitas vaksin terhadap jenis kanker payudara yang sangat agresif ini," kata Budd.

Budd juga mengatakan dalam jangka panjang, ia berharap ini bisa menjadi vaksin pencegahanyang akan diberikan kepada perempuan sehat untuk mencegah mengembangkan kanker payudara triple-negatif.

Jika seluruh uji coba terbukti berhasil, Tuohy bahkan mengakui bahwa strategi vaksin semacam itu mungkin dapat diterapkan pada jenis tumor lain.

"Jika berhasil, vaksin ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita mengendalikan kanker yang menyerang orang dewasa dan meningkatkan harapan hidup dengan cara yang mirip dengan dampak program vaksinasi anak-anak."

Memang, selain vaksin kanker payudara ini, uji coba pada manusia juga telah dimulai pada vaksin yang menargetkan kanker kolorektal, sementara ada juga vaksin lain yang sedang dikembangkan untuk berbagai jenis kanker lain mulai dari kanker kulit hingga kanker paru-paru.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading