Sukses

Health

Bisa Berdampak Buruk, Ini 5 Alasan Jangan Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Makanan menjadi salah satu unsur penting untuk kesehatan tubuh seseorang. Dengan begitu, sebaiknya terapkanlah pola makan yang baik agar tetap terjaga kesehatannya. Namun, ada sebagian orang memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi makanan yang sama setiap hari terutama pada saat sarapan.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa menu makanan harus berbeda setiap harinya. Hal ini disebabkan alasan kesehatan serta kebutuhan nutrisi dalam konsumsi makanan yang biasanya dimakan sehari-hari. Terlebih lagi, jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan berbagai dampak negatif.

Lebih baik mengganti menu makanan setiap hari. Mengapa demikian? Inilah 5 alasan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang sama setiap hari yang telah Fimela rangkum dari merdeka.com, Jumat (5/11/2021).

Kurangnya Kebutuhan Nutrisi

Dengan mengonsumsi beragam makanan dan sayuran, maka tubuh memiliki sejumlah nutrisi makro dan mikro agar tubuh puhn dapat berfungsi secara tepat. Jika mengonsumsi hanya satu jenis sayur dan buah tertentu maka dapat menyebabkan kurangnya nutrisi. Namun, semakin banyaknya jenis sayur dan buah yang dikonsumsi setiap hari, maka akan semakin baik untuk kesehatan tubuh.

Membahayakan Sistem Pencernaan

Terdapat takaran yang perlu dipenuhi dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Mengonsumsi beragam jenis makanan pun bisa menghadirkan lingkungan yang tepat bagi perkembangan bakteri sehat di usus. Dengan demikian, ini dapat membantu meningkatkan sistem imun serta kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Konsumsi makanan fermentasi, buah dan sayur dalam jumlah yang tepat.

Kelebihan Nutrisi Tertentu

Masalah yang hadir jika mengonsumsi makanan yang sama setiap hari tidak hanya kekurangan nutrisi saja, melainkan kelebihan pula. Hal ini terutama dialami ketika berlebihan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah terlalu banyak dapat membuat kelebihan nutrisi tertentu sehingga mengalami risiko kesehatan. Misalnya, ketika terlalu banyak mengonsumsi kunyit maka akan timbul masalah pada liver.

Sulit Menurunkan Berat Badan

Ternyata, mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya tidak efektif dalam menurunkan berat badan. Upaya yang selama ini dilakukan dalam menurunkan berat badan pun tak berguna jika kebiasaan ini terus dilakukan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh PLOS One, variasi makanan turut andil pada hal ini. Telah diungkap bahwa seseorang yang mengonsumsi beragam jenis sayur dan buah mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding yang mengonsumsi makanan itu-itu saja.

Eating Disorder

Mengonsumsi makanan tertentu terus menerus pun dapat menyebabkan eating disorder, di mana kondisi ini menyebabkan seseorang menghindari makanan lainnya dan hanya memilih makanan-makanan tertentu. Hal ini berarti, seseorang akan menolak konsumsi makanan tertentu secara konstan baik warna, tekstur hingga aromanya. Dengan begitu, ini bisa berujung pada malnutrisi dan turunnya berat badan secara tidak sehat.

Ingatlah untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi agar tidak mengalami sejumlah masalah ini. Terlebih lagi, jika mengonsumsi makanan yang berbeda setiap harinya pun tidak akan membuat Sahabat Fimela bosan!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading