Studi Terbaru Ungkap Jam Tidur Malam Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Annissa Wulan18 Jan 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 17:00 WIB
Studi Terbaru Ungkap Jam Tidur Malam Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor tak terkendali, seperti genetika yang bisa memengaruhi kesehatan jantung, tapi sekitar 80% penyakit kardiovaskular bisa dicegah lewat gaya hidup. Berhenti merokok, menggerakkan tubuh secara teratur, dan mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian baru yang diterbitkan di European Heart Journal-Digital Health menunjukkan ada perubahan gaya hidup sederhana, tapi berpotensi kuat membantu menjaga kesehatan jantung, yaitu tidur pada waktu tertentu, seperti dilansir dari huffpost.com.

Orang yang tidur antara jam 10 dan 11 malam memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular atau jantung, daripada orang yang tertidur baik sebelum atau sesudah waktu tersebut. Tubuh memiliki jam internal 24 jam, yang disebut ritme sirkadian, yang membantu mengatur fungsi fisik dan mental.

 

Kekuatan ritme sirkadian

Studi Terbaru Ungkap Jam Tidur Malam Terbaik untuk Kesehatan Jantung
Ternyata, waktu dan kualitas tidur masih berkaitan erat dengan kesehatan jantung, simak ini.

Analisis data dari lebih dari 88.000 peserta di UK Biobank, database besar tentang kesehatan dan gaya hidup untuk penelitian, dengan usia rata-rata peserta penelitian adalah 61 tahun dan sekitar 60%nya adalah perempuan, menunjukkan bahwa orang yang tertidur pada tengah malam atau setelahnya, memiliki risiko 25% lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, daripada mereka yang tertidur antara pukul 10 dan 11 malam. Mereka yang tidur antara jam 11 dan 11.59 malam memiliki risiko 12% lebih tinggi, sedangkan mereka yang tertidur sebelum jam 10 malam, memiliki 24% peningkatan risiko.

Para peneliti menemukan hubungan waktu tidur dan kesehatan jantung masih berlaku. Ritme sirkadian diketahui memengaruhi banyak sistem tubuh.

Argumen lain untuk memprioritaskan tidur

Kamu harus relatif konsisten tentang kapan pergi tidur dan kapan bangun, tujuannya adalah mendapatkan setidaknya 7 hingga 8 jam tidur. Kebiasaan tidur yang baik dan seaht bisa membuat perbedaan besar dalam kesehatanmu secara keseluruhan, dalam jangka panjang.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela