11 Makanan yang Justru Memperburuk Demam dan Pilek

Febi Anindya Kirana23 Nov 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 10:50 WIB
demam

Fimela.com, Jakarta Saat sakit, asupan makanan yang sehat dan baik untuk tubuh pasti sangat diperlukan. Namun sayangnya, tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat sedang sakit. Saat tubuh merasa demam dan pilek misalnya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa memperburuk kondisi demam dan pilek.

1. Gorengan

Sebisa mungkin tidak makan makanan yang berminyak, salah satunya adalah gorengan. Bahkan jika yang digoreng itu adalah sayuran.

2. Permen

Meskipun tubuh butuh glukosa agar bisa mengubahnya menjadi energi saat sakit, tapi makan makanan manis tidak disarankan karena bisa memicu inflamasi.

3. Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi juga biasanya kaya gula, selain kandungan bahan kimianya tak baik untuk tubuh, kandungan gulanya juga bisa membuat batuh dan pilek semakin parah.

4. Kopi

Kopi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Minuman berkafein juga dilarang sementara saat sakit karena dapat menyebabkan dehidrasi dan susah tidur. Padahal tubuh butuh sekali cairan dan istirahat cukup saat sakit.

5. Stroberi

Buah-buahan memang sehat jika dikonsumsi saat tubuh fit, apalagi kandungan vitamin C-nya mampu meningkatkan imun tubuh. Tapi jika sedang sakit, buah stroberi bisa melepaskan histamin yang dapat memproduksi lendir dan justru menyumbat pernapasan.

6. Susu

Susu juga harus dihindari karena cenderung memicu produksi dan mengentalkan mukus/lendir, yang mana bisa meningkatkan risiko alergi dan memperlama masa sakit.

7. Keju

Keju bukan hanya terbuat dari susu yang sebaiknya dihindari saat sakit tapi juga memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga bisa menyebabkan inflamasi/peradangan.

8. Makanan laut

seafood
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Poring Studio

Selain menghindari merkuri yang mungkin terkandung dalam seafood/makanan laut, tapi mengonsumsi seafood saat demam dan pilek bisa memicu histamin.

9. Es krim

Es krim juga terbuat dari susu, sebaiknya tidak dikonsumsi dulu. Aplagi rasa dinginnya bisa membuat tenggorokan tidak nyaman dan menimbulkan batuk.

10. Pizza

Pizza atau roti pada umumnya, juga harus dihindari dulu karena kandungan minyak dan lemak jenuh yang tinggi dalam keju dapat memicu peradangan.

11. Cokelat

Enak memang tapi sebaiknya tidak dimakan karena cokelat termasuk makanan yang tinggi gula dan dapat meningkatkan produksi ragi dalam tubuh sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Jadi, sebisa mungkin jangan mengonsumsi sekian makanan di atas ketika sedang demam dan pilek ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela