Sukses

Health

9 Penyebab tiba-tiba Gatal Seluruh Badan yang Sering Menganggu

Fimela.com, Jakarta Kulit gatal biasa dikenal sebagai pruritus, hal ini merupakan salah satu kondisi umum yang dapat menyebabkan kamu ingin menggaruk bagian tubuh untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

Beberapa kasus gatal dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Meskipun begitu kadang hal ini dapat disebabkan oleh iritasi kulit. Mungkin ketika kulit kamu gatal akan terlihat ruam, benjolan, atau jenis iritasi lainnya.

Namun terkadang kulit gatal tidak bisa kita ketahui secara langsung. Ada beberapa penyebab yang membuat gatal tanpa iritasi dan hal ini akan lebih susah untuk diidentifikasi.

Mungkin dapat dikarenakan masalah kesehatan organ maupun neurologis. Untuk itu yuk cari tahu penyebab gatal-gatal seluruh badan:

1. Kulit Kering

Penyebab paling utama terjadinya gatal-gatal seluruh badan adalah kulit kering. Beberapa kasus, kulit kering dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan, seperti kelembaban atau pengaruh cuaca. Terkadang juga dapat disebabkan oleh aktivitas yang dapat menurunkan kelembabpan kulit, seperti mandi dengan air panas.

Namun kulit kering juga dapat dipengaruhi genetik. Kulit kering juga akan lebih sering terjadi ketika bertambahnya usia. Dalam hal ini kamu dapat mengobati dan mencegah dengan menggunakan pelembab secara teratur.

2. Gigitan Serangga

Selanjutnya penyebab tiba-tiba gatal seluruh badan adalah terkena gigitan serangga. Ketika kamu tergigit oleh serangga biasanya akan muncul bercak atau benjolan merah. Meskipun begitu hal ini tidak mudah untuk dideteksi. Berikut beberapa serangga yang gigitannya dapat membuat gatal:

  • Nyamuk.
  • Kutu.
  • Lebah.
  • Tungau.
  • Semut Merah.
  • Serangga.
  •  Laba-Laba.

Namun ada beberapa gigitan serangga yang tidak perlu kamu khawatirkan. Menurut American Academy of Dermatology, merekomendasikan penggunaan kompres es cocok ketika kamu terkena gigitan serangga. Namun jika kamu memiliki gejala serius seperti berikut, dapat mengunjungi ke dokter:

  • Ruam.
  • Demam.
  • Pegal-pegal.
  • Beberapa jenis obat yang menyebabkan gatal.

3. Statin

Statin dan beberapa obat penurun kolesterol lainnya seperti niasin, juga dapat menyebablan gatal-gatal seluruh badan, termasuk wajah dan tenggorokan. Statin juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada beberapa orang, hal ini juga mengakibatkan stress serta sensasi gatal lainnya.

4. Kelenjar Tiroid

Kamu memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga menjadi salah satu penyabab gatal seluruh badan. Gatal-gatal tubuh merupakan salah satu gejala yang terkait dengan hipertiroidisme dan hipotiroidisme.

Namun gatal-gatal kemungkinan akan terjadi di samping gejala umum yang terkait dengan tiroid lain, termasuk perubahan berat badan atau nafsu makan serta kelelahan.

5. Penyakit Ginjal

Pruritis atau kulit gatal bisa menjadi salah satu tanda penyakit ginjal dan biasanya akan muncul ketika stadium lanjut. Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring darah dan membuang kelebihan cairan racun dari dalam tubuh.

6. Iritasi

Jika kamu menggunakan beberapa pakaian dengan bahan wol, atau menyentuh bahan kimia, seperti sabun dan zat lain yang dapat mengiritasi serta menyebabkan ruam dan gatal. Mungkin itulah salah satu penyebab gatal yang terjadi pada tubuh.

Selain itu ada beberapa bahan kosmestik yang menyebabkan reaksi alergi. Juga ada beberapa reaksi terhadap obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kulit gatal.

7. Kanker Kulit

Bagi banyak orang, salah satu tanda terjadinya kanker kulit adalah tempat baru atau adanya perubahan pada kulit mereka. Terkadang hal tersebut akan membuat kamu terasa gatal yang tak kunjung usai.

8. Reaksi Alergi Kulit

Kulit kita akan mengambangkan saat reaksi alergi terhadap beberapa zat. Salah satu zat yang paling umum dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit adalah nikel, selain itu ada banyak produk yang sering kita sentuh setiap hari. Seperti beberapa produk yang mengandung nikel antara lain, ponsel, perhiasan, bingkai kacamata, dan ritsleting.

9. Gangguan Saraf

Yang terakhir adalah gangguan saraf yang menyampaikan pesan dari kulit ke masalah otak. Masalah dengan saraf dapat menyebabkan gatal atau nyeri pada kulit tanpa menyebabkan kerusakan lainnya. Beberapa kondisi terkait saraf juga dapat menyebabkan gatal atau sensasi lain pada kulit tanpa menyebabkan ruam. Seperti kondisi di bawah ini:

  • Pukulan.
  • Diabetes.
  • Neurologis.
  • Komplikasi Herpes.

Nah itulah beberapa penyebab tiba-tiba gatal yang sering terjadi seluruh badan. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kamu. Ada baiknya jika kita mencari tahu penyebab gatal-gatal sebelum mengobatinya. Namun jika terjadi permasalahan kamu dapat berkonsultasi ke dokter untuk minta pengobatannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading