7 Penyebab Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh dapat Menjadi Masalah yang Serius

Vania Al kautsar01 Des 2021, 14:07 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 14:13 WIB
Mengalami Penyakit batuk Pilek

Fimela.com, Jakarta Batuk kering merupakan salah satu batuk yang tidak mengeluarkan dahak atau lendir yang dihasilkan. Batuk kering ini cukup menyebalkan dan tentunya akan menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Meskipun tidak memiliki dahak, biasanya batuk kering akan terasa sangat gatal. Selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh penyakit virus, seperti pilek dan flu. Akan tetapi juga dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi tenggorokan.

Akan tetapu batuk kering sering kali kita sepelakan, karena tidak memiliki masalah yang serius. Naun jika kamu mengalaminya secara terus menerus hal ini dapat menunjukkan salah satu kondisi medis yang mendasari yang lebih serius. Berikut di bawah ini beberapa penyebab batuk kering:

1. Infeksi

ilustrasi batuk/freepik
ilustrasi batuk/freepik

Kemungkinan penyebab batuk kering adalah terjadinya infeksi. Berikut infeksi yang dapat menyebabkan batuk kering:

  • Infeksi saluran pernapasan : Lebih sering dikenal sebagai pilek, atau hal ini juga dapat menyebabkan berbagai batuk seperti batuk kering. Dalam salah satu kasus, batuk kering dapat terjadi selama 4 minggu.
  • Bronkitis : Gejala bronkitis yang paling umum adalah batuk kering. Setelah beberapa hari kemungkinan akan mengeluarkan lendir atau batuk berdahak.

2. Merokok

Salah satu pilihan gaya hidup seperti merokok juga dapat menyebabkan batuk kering. Merokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk kering terus menerus. Perokok berat mungkin akan mengalami batuk basah dan lebih buruk saat di pagi hari.

3. Memiliki Masalah Medis

Batuk
Ilustrasi Batuk Credit: shutterstock.com

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk kering:

  • Sleep Apnea : Hal ini merupakan salah satu gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara. Selain itu sleep apnea juga memiliki gejala seperti batuk kering.
  • Gagal Jantung : Meskipun bukan penyebab umum batuk kering, jantung yang melemah akan membuat cairan kembali ke paru-paru.

4. Masalah Paru-Paru

  • Emboli Paru : Penyakit ini didasari pembekuan darah di paru-paru dan dapat mengancam jiwa. Nyeri dada dan sesak napas merupakan salah satu gejala umumnya, namun batuk kering dapat menjadi salah satu tandanya.
  • Kanker Paru-Paru : beberapa orang yang memiliki penyakit kanker paru-paru, biasanya akan mengalami batuk kering yang terus menerus.

5. Asma

Asma
Ilustrasi Asma Credit: pexels.com/Dine

Tidak semua terdiagnosis asma akan mengalami batuk kering. Asma varian batuk tidak menghasilkan gejala klasik, seperti sesak napas atau mengi. Sebaliknya jika batuk kronis, salah satu gejala utamnya adalah batuk kering. Biasanya seseorang yang mengalami batuk akan sering terjadi setelah terpapar iritasi seperti udara dingin maupun asap disekitarnya.

6. Tetes Postnasal

Tetesa postnasal dapat mengacu pada lendir ekstra yang menets ke tenggorokan kamu. Ketika kamu memiliki alergi pilek, selaput di hidung kamu akan merespons dengan memproduksi leboh banyk lendir dari biasanya.

7. GERD

Efektif Meredakan Batuk
Ilustrasi Batuk Credit: pexels.com/Retmo

Penyakit ini merupakan kondisi asam lambung yang mengalir kembali ke tabung yang menghubungkan perut dan tenggorokan (kerongkongan). Selain itu hal ini akan membuat iritasi dan dapat menyebabkan batuk kronis. Batuk kering akan memperburuk GERD.

Nah itulah beberapa penyebab batuk kering tak kunjung sembuh yang mungkin kamu alami. Jika kamu mengalami batuk kering terus menerus ada baiknya jika berobat dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup serta pola makan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela