Penelitian Membuktikan, Minum Ini Setiap Hari Bisa Cegah Diabetes

Febi Anindya Kirana04 Des 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 13:15 WIB
perempuan minum kopi mendengarkan musik

Fimela.com, Jakarta Risiko mengembangkan penyakit diabetes seringkali menurun dari orangtua atau kakek nenek. Tapi sebelum bisa berkembang, diabetes selalu bisa dicegah sejak dini, terutama dalam hal memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Salah satu minuman yang mungkin menjadi favorit banyak orang ternyata juga punya manfaat mencegah diabetes. Minuman itu adalah kopi.

Sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Institute for Scientific Information on Coffee menemukan bahwa orang-orang yang minum tiga hingga empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 25 persen lebih kecil terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 2 cangkir atau kurang. 

Rajin minum kopi mampu mencegah diabetes

bahagia tersenyum minum kopi
ilustrasi perempuan bekerja karier/Photoroyalty/Shutterstock

Hasil ini tidak terbatas pada kandungan kafein di dalam kopi karena mereka yang suka mengonsumsi kopi tanpa kafein (decaffeinated coffee) juga mengalami penurunan risiko diabetes pada tingkat yang sama.

Para peneliti dari Coffee & Health ini menganalisis 30 studi yang secara kumulatif memasukkan data hampir 1,2 juta peserta dan berteori bahwa konsumsi kopi memberi tubuh lebih banyak senyawa alami yang ditemukan di setiap cangkirnya, termasuk kafein, asam caffeic, trigonellin, dan kafestol. Masing-masing senyawa diyakini mampu memengaruhi pengendalian kadar gula darah dan memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan tinggi.

Penelitian juga mencatatkan bahwa minum kopi tanpa gula dapat mencegah hiperglikemia setelah makan, yang efeknya juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dalam studi lain yang dilakukan terhadap orang dewasa non-diabetes juga menunjukkan bahwa minum kopi berkafein memiliki manfaat menjaga sensitivitas insulin, sementara kopi tanpa kafein meningkatkan fungsi sel beta pankreas. Dengan kata lain, baik minum kopi berkafein maupun tidak berkafein tetap bagus untuk tubuh, khususnya dalam mencegah diabetes.

Jadi, jika kamu termasuk orang yang suka minum kopi setiap hari, kamu bisa mencegah tubuh terserang diabetes, selama kopi yang diminum juga rendah gula Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela