Dimulai Hari Ini, Catat Syarat Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Adinda Tri Wardhani14 Des 2021, 11:29 WIB
Diperbarui 14 Des 2021, 12:22 WIB
Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Fimela.com, Jakarta Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun mulai dilaksanakan pada hari ini 14 Desember 2021. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dilakukan secara bertahap. Adapun target sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak.

Beberapa wilayah di 11 provinsi yakni, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun ini. 

Menurut pantauan tim Fimela.com pada hari ini di area Jakarta Pusat, salah satu sentra vaksin yang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun adalah RPTRA Gondangdia Menteng Jakarta Pusat. Dengan sistem antrian yang relatif sepi dan tertata dengan baik beberapa anak yang memiliki Kartu Keluarga dengan domisili tempat tinggal di kecamatan Menten dapat menerima vaksin.

Tahapannya pun cukup mudah, orangtua cukup membawa anak berusia 6-11 tahun dengan membawa Kartu Keluarga (kk atau KK) dan dapat langsung mendaftarkan nama anak di lokasi vaksinasi. Setelah ini dilakukan pengisian formulir screening kesehatan seperti vaksinasi untuk orang dewasa.  Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis yang bertugas seperti suhu tubuh, tekanan darah dan beberapa pertanyaan kesehatan lainnya.

Apabila anak mendapat vaksin lain (vaksin rutin) kurang dari 2 minggu sebelum dilakukan vaksin Covid-19 ini, sebaiknya pemberian vaksin Covid-19 ditunda.

Bila anak dinyatakan dengan kondisi sehat, maka pemberian vaksin Covid-19 dapat dilakukan. Vaksin yang mulai diberikan pada hari ini adalah Sinovac. Vaksin dosis kedua akan diberikan dengan interval 28 hari kemudian.

Para orangtua dapat menghubungi Puskesmas atau Kelurahan di masing-masing area lokasi tempat tinggal untuk mendapatkan informasi pelaksanaan vaksinasi. Untuk area Menteng, Jakarta Pusat sendiri terdapat 3 lokasi. Yaitu di RPTRA Gondangdia, Puskesmas Kelurahan Pegangsaan dan Puskesmas Keluharan Kebon Sirih.

Jadwal Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tersedia pada hari Senin-Jumat (kecuali Libur Nasional) dari jam 7.30 sampai jam 12.00.

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun
Persyaratan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Menteng Jakarta Pusat.

Berikut beberapa persyaratan yang ada di pengumuman vaksinasi untuk wilayah Kecamatan Menteng Jakarta Pusat.

1. Anak usia 6-11 tahun yang sekolah di wilayah Kecataman Menteng, Jadwal Vaksinasi Covid-19 mengikuti jadwal dari sekolah.

2. Selain anak poin 1 di atas, bila NIK Kecamatan Menteng, dapat datang langsung datang sesuai jadwal layanan dan sesuai kuota ke lokasi Vaksinasi Covid-19 di RPTRA Gondangdia, Puskesmas Kelurahan Pegangsaan dan Puskesmas Keluharan Kebon Sirih.

3. WNI, membawa KIA/KK.

4. Dalam kondisi sehat.

5. Anak didampingi orangtua / wali.

6. Membawa alat tulis sendiri.

 

Perhatikan Konsidi Kesehatan Anak Sebelum Vaksin

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di RPTRA Gondangdia Menteng Jakarta Pusat. (Foto: Adinda Tri Wardhani - Fimela.com)
Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di RPTRA Gondangdia Menteng Jakarta Pusat. (Foto: Adinda Tri Wardhani - Fimela.com)

Jika anak sudah pernah terinfeksi Covid-19 dengan derajat ringan, maka pemberian vaksin dapat ditunda 1 bulan setelah sembuh. Jika anak sempat kontak dengan pasien Covid-19 maka vaksinasi sebaiknya ditunda selama 2 minggu.

Vaksinasi ini juga tidak disarankan jika anak sedang menderita demam, batuk, pilek, nyeri menelan, muntah dan diare. Pastikan anak berobat terlebih dahulu hingga gejala-gelaja ini tuntas.

Bila anak sempat mendapat perawatan kedaruratan medis seperti sesak napas, kejang, tidak sadar, berdebar-debar, pendarahan, hipertensi dan tremor hebat maka vaksinasi sebaiknya ditunda sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

Perhatikan juga jika anak sedang menderita gangguan imunitas seperti hiperimun, auto imun, alergi berat, defisiensi imun, gizi buruk, hingga HIV berat. Kondisi ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk diberikan izin pemberian vaksin Covid-19.

Tak hanya itu, anak juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika saat ini sedang dalam masa pengobatan imunosupresan jangan panjang seperti steroid lebih dari dua minggu atau sitostatika.

Vaksinasi Covid-19 dengan kondisi anak tertentu seperti anak yang memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, urtikaria di seluruh tubuh atau gejala syok anafilaksis dan hemofilia setelah vaksinasi sebelumnya disarankan untuk melakukan vaksinasi di rumah sakit dengan pendampingan dokter.

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di RPTRA Gondangdia Menteng Jakarta Pusat. (Foto: Adinda Tri Wardhani - Fimela.com)
Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di RPTRA Gondangdia Menteng Jakarta Pusat. (Foto: Adinda Tri Wardhani - Fimela.com)
Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela