Sukses

Health

7 Penyebab Telat Haid 1 Bulan pada Remaja

Fimela.com, Jakarta Haid atau menstruasi adalah siklus alami tiap bulan yang terjadi pada perempuan, dimulai dari masa pubertas hingga dewasa. Saat mengalami haid, dinding rahim yang tidak dibuahi akan mengalami peluruhan setiap 7 hingga 15hari tiap bulannya.

Di usia remaja, sebenarnya mengalami telat haid selama sebulan atau dua bulan, adalah hal yang wajar dan tidak membahayakan. Karena hormon pada remaja perempuan belum teratur.

Selain disebabkan karena hormon, ada beberapa penyebab telat haid yang terjadi pada remaja, seperti karena kondisi tubuh yang kurang sehat, atau remaja tersebut sedang stres. Agar tidak khawatir saat telat haid 1 bulan pada remaja, yuk kenali penyebabnya berikut ini, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Telat Haid

1. Stres

Penyebab telat haid yang paling umum pada remaja adalah karena stres. Stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Para remaja juga memiliki banyak pikiran yang bisa membuatnya stres. Sat mengalami stres berlebih, hormon yang terdapat di dalam tubuh akan mengalami perubahan. Begitu juga dengan adanya perubahan hipotalamus, yang merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus haid.

2. Gangguan Nafsu Makan

Stres juga bisa berdampak pada gangguan nafsu makan. Sehingga gangguan nafsu makan bisa menyebabkan telat haid 1 bulan pada remaja. Gangguan ini sangat berpengaruh terhadap produksi hormon, sehingga menyebabkan telat datang bulan. Kalau kamu mengalami gangguan nafsu makan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar ditangani dengan baik.

3. Terlalu Kurus

Kemudian, saat remaja perempuan mengalami gangguan nafsu makan, maka tubuhnya akan mengalami gizi buruk dan bisa menjadi sangat kurus. Kalau perempuan remaja memiliki tubuh yang terlalu kurus, tubuh tidak akan mendapatkan asupan kalori yang cukup. Sehingga produksi hormon untuk ovulasi akan terganggu.

Penyebab Telat Haid

4. Obesitas

Selaint terlalu kurus, memiliki kelebihan lemak di dalam tubuh atau obesitas juga berpengaruh terhadap siklus haid. Karena obesitas menyebabkan produksi hormon di dalam tubuh terganggu. Dilansir dari livestrong.com, berat badan untuk perempuan remaja usia 13 tahun berkisar 34-60 kg, usia 14 tahun sekitar 37-65 kg, dan usia 15 tahun sekitar 40-68 kg. Jika berat badan melebihi batas normal, maka akan berisiko terkena obesitas dan perubahan hormon menjadi terganggu.

5. Olahraga Berat

Untuk mencegah obesitas, kamu bisa melakukan olahraga secara teratur. Tetapi olahraga dengan intensitas yang terlalu berat, bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.  Selain itu, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai aturan, akan menyebabkan siklus haid menjadi terlambat.

Olahraga memang menyehatkan, tetapi lakukanlah dengan intensitas yang sedang, yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat.

Penyebab Telat Haid

6. Penyakit Kronis

Memiliki riwayat penyakit kronis bisa menyebabkan telat haid 1 bulan pada remaja. Apalagi jika memiliki penyakit kronis bawaan, yang menyebabkan perubahan hormon menjadi terganggu. Sebaiknya kontrol kondisi kesehatan kepada dokter secara rutin, untuk mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuhmu.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan seperti antidepresan, antipsikotik, obat tiroid, antikonvulsan, dan obat kemoterapi, memiliki efek samping yang bisa mengganggu perubahan hormon di tubuh manusia. Jika anak remaja mengonsumsi obat-obatan tersebut, maka akan berisiko mengalami telat haid.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading