3 Jenis Ruam Kulit yang Perlu Diwaspadai Sebagai Tanda Terinfeksi COVID-19 Varian Omicron

Vinsensia Dianawanti20 Jan 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 20:30 WIB
Kulit Merah-merah

Fimela.com, Jakarta Kembali merebaknya COVID-19 akibat varian Omicron menjadi perhatian dunia. Di sejumlah negara terjadi peningkatan kasus yang signifikan akibat varian Omicron yang diketahui memiliki penyebaran lebih cepat.

Selain penyebaran yang lebih cepat, rupanya COVID-19 varian Omicron memiliki gejala yang sedikit berbeda. Dikutip dari The Sun, sejumlah pasien di Inggris mengalami ruam kulit di beberapa bagian tubuh.

Dinas Kesehatan Nasional Inggris mencantumkan gejala COVID-19 varian Omicron ini disertai dengan batuk persisten, suhu tubuh tinggi, serta anosmia. Namun para ahli menambahkan bahwa masyarakat juga harus waspada akan timbulnya ruam kulit sebagai tanda infeksi COVID-19.

Menurut ZOE Covid Symptom Study App, setidaknya terdapat tiga jenis ruam yang dilaporkan oleh pasien COVID-19 varian Omicron di Inggris. Di antaranya,

 

1. Gatal

Kulit Gatal
Ilustrasi kulit gatal/copyright shutterstock

Pasien yang melaporkan ruam cenderung gatal. Kemunculannya pun terjadi secara tiba-tiba dan berupa benjolan yang sangat gatal. Ruam kulit ini muncul di bagian telapak tangan atau kaki.

2. Bintik-bintik

Jenis ruam yang kedua lebih mirip dengan biang keringat yang muncul di seluruh tubuh. Ruam kulit jenis ini lebih sering muncul di siku, lutut, dan punggung tangan maupun kaki. Anak-anak menjadi kategori pasien COVID-19 varian Omicron yang mengalami gejala ini.

3. Chilblain

Yakni luka kulit dan benjolan yang terjadi akibat terpapar suhu dingin. Beberapa pasien dilaporkan adanya benjolan warna ungu atau merah.

 

Gejala lain yang perlu diwaspadai

Data dari aplikasi tersebut juga menunjukkan orang yang terinfeksi Omicron akan menunjukkan gejala dalam 48 jam. Terdiri dari pilek, tenggorokan kering dan gatal, sakit kepala, kelelahan, dan bersin.

Gejala utama lainnya seperti nyeri di bagian punggung bawah, otot, dan keringat dingin di malam hari juga bisa menjadi tanda seseorang terinfeksi Omicron.

Sebelumnya, para ahli di ZOE telah menyusun daftar 21 gejala COVID-19, dengan ruam kulit berada di urutan ke sepuluh. Namun karena varian yang telah berkembang, gejala yang perlu diwaspadai saat ini adalah pilek, sakit kepala, bersin, sakit tenggorokan, batuk terus menerus, kelelahan, dan anosmia.

Simak video berikut ini

#womenforwomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela