3 Kegiatan yang Membuat Hidup Bahagia dan Panjang Umur Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana17 Jan 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 15:45 WIB
perempuan bahagia mencintai diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan setiap orang untuk melepaskan stres, menyalurkan bakat atau sekadar mengisi waktu luang. Dari banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat waktu luang, ternyata ada beberapa aktivitas sederhana yang mampu membuat perasaan bahagia dan usia panjang umur.

Dilansir dari Yourtango, ini sekian kegiatan pengisi waktu luang yang membuat hidup bahagia dan panjang umur.

1. Membaca buku

bahagia baca buku minum kopi baju abu-abu
ilustrasi perempuan santai/Dragana Gordic/Shutterstock

Membaca buku umumnya dianggap sebagai hobi atau kegiatan pengisi waktu luang. Hanya orang-orang yang suka buku dan membaca yang mungkin menikmati kegiatan ini. Sebuah penelitian menemukan bahwa membaca buku 30 menit per hari mampu meningkatkan harapan hidup seseorang yang berusia 50 tahun ke atas sebanyak dua tahun. Dengan kata lain, orang lebih panjang umur ketika rajin baca buku, dan efek ini tidak didapat jika kamu hanya membaca majalah atau koran.

2. Membantu orang lain

dermawan
ilustrasi perempuan berdonasi/copyright by Dragana Gordic (Shutterstock)

Kegiatan membantu orang lain seperti menjadi sukarelawan bencana, mengumpulkan dan menyalurkan donasi, berbagi dengan banyak orang yang membutuhkan dan semacamnya ternyata juga mampu memberi efek panjang umur dan bahagia. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang suka membantu, dengan batasan tertentu/tidak berlebihan ternyata mampu menciptakan rasa bahagia dan puas terhadap diri sendiri, dan efek jangka panjangnya, perasaan baik itu mampu membuat umur lebih panjang.

3. Berteman di media sosial

perempuan ponsel ldr
Ilustrasi/Shutterstock.com/Tirachard Kumtanom

Selama ini kita selalu membaca bahwa 'bermain' media sosial selalu memiliki efek negatif, tapi ternyata jika dilakukan dengan tidak berlebihan, media sosial juga memberi efek positif terutama untuk membangun jejaring pertemanan yang baik. Menjaga hubungan pertemanan sangat bisa didukung dengan media sosial karena kita belum tentu bisa bertemu secara langsung dengan teman lama atau saudara jauh. Menjaga hubungan baik dengan orang lain inilah yang ternyata bisa memberikan pengaruh positif sehingga membuat orang bahagia dan panjang umur.

Jadi, apakah kamu sedang mencari kebahagiaan sekaligus ingin umur panjang? Coba lakukan tiga hal di atas, Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela