Sederhana, Ini Cara Efektif Menghilangkan Rasa Cemas dan Insecure

Febi Anindya Kirana17 Jan 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 17:15 WIB
Zodiak

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasa insecure, cemas, khawatir dan gelisah menghadapi kehidupan. Manusia selalu penuh dengan pikiran kompleks dan sangat memungkinkan jika setiap manusia memiliki pikiran rumit baik hingga buruk.

Jika pikiranmu mulai punya banyak kecemasan yang tak tertahankan, ada baiknya jika kamu melakukan sesuatu untuk menyingkirkannya. Ada satu cara sederhana namun efektif menghilangkan rasa cemas dan insecure, cara itu adalah olahraga.

Olahraga adalah cara menghilangkan insecure

perempuan olahraga
Ilustrasi/Shutterstock.com/interstid

Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Front Psychiatry menemukan bahwa orang-orang dengan gangguan kecemasan yang rutin melakukan olahraga, terutama aktivitas fisik tingkat tinggi ternyata memiliki gejala kecemasan lebih rendah dibandingkan mereka yang tak pernah olahraga.

Olahraga teratur nyatanya bukan hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga sangat membantu menjaga kesehatan mental. Dilansir dari Healthline, hal ini disebabkan oleh banyak alasan, seperti berikut ini.

  1. Olahraga dapat mengalihkan perhatianmu dari sesuatu yang membuatmu cemas.
  2. Meningkatnya detak jantung membantu tubuh merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak zat kimia saraf yang berfungsi sebagai anti-kecemasan seperti serotonin, asam gamma-aminobutirat (GABA), faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan endocannabinoid.
  3. Dengan turunnya kadar hormon kortisol (penyebab stres) maka tingkat konsentrasi dan kemauan untuk hidup juga meningkat sehingga bisa menyamarkan gejala kecemasan itu sendiri.

Lalu jenis olahraga apa saja yang mungkin bisa menghentikan rasa insecure dan cemas? Para ahli mengungkapkan bahwa itu preferensi pribadi. Selama kamu menikmati olahraga yang dilakukan dan membuatmu tetap aktif secara fisik, maka itu adalah olahraga yang baik.

Jadi, jika kamu merasa insecure, cemas, gelisah, dan khawatir akan kehidupan, cobalah berolahraga mulai dari sekarang Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela