5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Terus yang Sering Dipertanyakan

Vania Al kautsar17 Jan 2022, 20:06 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 20:18 WIB
Makan - Vania

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang saat makan tapi langsung menambah berat badan mungkin akan sedih ketika melihat orang yang lebih kurus sering makan terus. Beberapa orang mungkin akan penasaran apa sih rahasianya maka terus meskipun badan tetap kurus.

Tetapi bagi sisi seseorang yang memiliki badan kurus dan selalu makan terus, tentu akan sedih kenapa berat badan tidak selalu bertambah. Meskipun hal ini menurut orang lain cukup menyenangkan, terkadang hal ini juga menjadi salah satu insecurity bagi orang yang berbadan kurus dan gemuk.

Meskipun terlihat sangat menyenangkan kita bisa makan sepuasnya dan badan tetap kurus, tapi disisi lain kita juga menginginkan berat badan yang menambah. Untuk itu yuk cari tahu apa saja penyebab badan kurus walaupun makan terus:

1. Hipertiroidisme

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Mike Mayer

Salah satu kenapa seseorang yang memiliki badan kurus sulit untuk naik berat badan, padahal ia selalu makan adalah hipertiroidisme. Tiroid yang terlalu aktif atau disebut sebagai hipertiroidisme, akan menyebabkan kelebihan hormon pada tubuh. Hormon tiroid sendiri memiliki fungsi yang bertanggung jawab atas elemen metabolisme tubuh.

Orang yang memiliki Hipertiroidisme maka akan selalu membakar kalori dalam tubuhnya di setiap hari. Ternyata tanpa pengobatan yang benar hipertiroid di yang terjadi pada seseorang akan membuatnya kesulitan menambah berat badan.

2. Diabetes Tipe 1

Risiko Diabetes
Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/pixabay

Diabetes jenis 1 ini merupakan salah satu kondisi autoimun yang akan menghancurkan sel-sel di pankreas dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang bertugas untuk metabolisme glukosa. Eksresi glukosa yang berlebih biasanya akan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus merupakan salah satu serangkaian penyakit yang terjadi pada usus. Kindisi ini biasanya akan memberikan pengaruh negatif bagi seseorang untuk mempertahankan berat badannya. Selain itu ternyata kau di sini juga akan mempengaruhi beberapa orang untuk menjaga pola makannya, tak hanya itu beberapa orang hanya akan mengalami gejala diare maupun penurunan berat badan yang drastis.

4. Gangguan Makan

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Alex Haney

Eating disorder atau gangguan makan ini biasanya akan terjadi oleh beberapa orang. Hal ini biasanya akan membuat seseorang membatasi pola makan maupun susah menjaga berat badan mereka. Anoreksia Nervosa sendiri akan membuat seseorang mengalami penurunan berat badan.

5. Obat-Obatan maupun Perawatan

Pasti kamu memahami bahwa beberapa obat yang kamu konsumsi memiliki efek yang berbeda beda, hal ini tergantung dari obat apa yang kamu konsumsi. Salah satu efek dari obat biasanya akan menghilangkan nafsu makan, muntah, diare, maupun lainnya.

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan?

makan sehat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/chaythawin

Jika kamu merasa kesulitan menaikkan berat badan, maka ada beberapa hal yang perlu kamu rubah seperti gaya hidup maupun pola makan kamu. Nah untuk itu, berikut di bawah ini cara agar kamu menambah berat badan:

Membangun Lebih Banyak Otot

Latihan kardio maupun latihan beban ternyata sangat penting untuk kesehatan dalam tubuh, kamu justru perlu latihan beban untuk membangun banyak otot. Latihan berat tentu akan meningkatkan berat badan secara keseluruhan tanpa meningkatkan lemak tubuh secara menyeluruh.

Makan Sering

makan sehat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/DOPTOON

Ternyata makan lebih sering juga akan mrmungkinkan kamu untuk mengkonsumsi kalori sepanjanh hari dan lebih banyak. Makan lebih sering bisa dapat kamu lakukan saat ngemil.

Menikmati Makanan Berkalori Tinggi

Makanan biji-bijian dan lemak sehat biasanya akan memiliki banyak kalori, daripada beberapa makanan yang rendah kalori, seperti protein tanpa sayuran dan lemak.

Mencoba Suplemen

Tren Suplemen Minyak Ikan Buat Kesehatan Kucing, Apa Manfaatnya?
Tren Suplemen Minyak Ikan Buat Kesehatan Kucing, Apa Manfaatnya?

Jika kamu salah satu orang yang berjuan untuk memenuhi kalorti tubuh harian, ada baiknya untuk mengkonsumsi suplemen untuk menambah kalori harian.

Memang terkadang melihat seseorang yang memiliki berat badan kurang atau kurus dan selalu bisa memakan berbagai makanan, akan membuat kota bertanya-tanya. Tapi hal inilah yang terkadang dapat menjadi pertanda bahwa kamu mengalami beberapa masalah penyakit. Tetap awasi apa saja yang kamu konsumsi dan pola

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela