6 Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan

Baiq Nurul Nahdiat18 Jan 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 17:05 WIB
Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Pikiran dan emosi negatif terkadang sulit untuk kita hindari. Tetapi sebisa mungkin belajarlah untuk menghindarinya karena emosi negatif tak hanya berdampak pada perasaan atau pikiran, namun juga kesehatan tubuh.

Dan inilah yang akan terjadi pada tubuh jika kita sering memelihara emosi negatif.

1. Marah

Marah selama lima menit dapat menyebabkan sistem imun tubuh kita megalami Depresi selama enam jam. Saat marah, tubuh akan memproduksi hormon stres, yaitu kortisol. Sehingga berdampak pada daya tahan tubuh yang menurun.

2. Menyimpan dendam

Menyimpan dendam juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Sehingga tubuh akan mudah terkena beberapa masalah kesehatan, seperti stres, kolesterol meningkat, hipertensi, serangan jantung, rematik bahkan penyumbatan pembuluh darah. Karena saat dendam, tekanan darah akan meningkat dan merusak kinerja jantung.

3. Stres

Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan
Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan. (ilustrasi stres/copyright By weedezign/Shutterstock)

Jika kita sering membiarkan diri kita stres, maka lambat laun tubuh kita akan mengalami gangguan pencernaan. Karena saat stres, tubuh akan berhenti mencerna makanan, sehingga mekanisme pencernaan akan melambat.

4. Khawatir

Jika kita sering merasa khawatir, maka kita akan mudah mengalami beberapa masalah kesehatan seperti nyeri punggung, asam lambung yang meningkat dan susah tidur.

5. Mudah tersinggung

Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan
Emosi Negatif yang Menyebabkan Masalah Kesehatan. (ilustrasi/theshots.co/Shutterstock)

Jika kita mudah tersinggung, maka kita akan cenderung mengalami insomia atau susah tidur. Karena memikirkan sesuatu secara berlebihan akan membuat otak terus bekerja tanpa henti hingga tubuh kehilangan selera untuk beristirahat.

6. Mengalami kebingungan

Jika kita sering mengalami kebingungan, maka kita akan mudah mengalami gangguan tulang belakang. Tak hanya itu, ini bisa menyebabkan stres, nyeri sendi hingga insomnia.

Mulai sekarang belajarlah untuk menjauhkan emosi negatif tersebut dari dalam diri kita dengan belajar mengendalikan emosi, selalu berpikir positif dan latihan fisik seperti meditasi. Karena dengan pikiran yang sehat, tubuh juga akan merasakan manfaatnya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela