9 Penyebab Kaki Kebas yang Sering Dialami Oleh Banyak Orang

Vania Al kautsar19 Jan 2022, 08:33 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 08:41 WIB
Kaki Kebas - Vania

Fimela.com, Jakarta Kaki sebagai tumpangan saat kita berdiri, tapi ketika kita mengalami mati rasa di kaki mungkin kamu tidak akan merasakan sensasi saat berdiri atau kesulitan untuk berdiri. Kaki kebas atau mati rasa pada kaki merupakan sebuah kondisi sementara, tapi kamu harus berhati-hati karena hal ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit.

Kamu mungkin akan mengalami beberapa rasa tidak nyaman pada area kaki tapi hal ini biasanya secara perlahan akan menghilang, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Namun, ada baiknya jika kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Beberapa orang terkadang akan merasa kaki kebas atau mati rasa karena berdiri terlalu lama atau bahkan tidak berjalan dalam waktu yang lama, untuk kamu yang penasaran dengan penyebab kaki kebas. Yuk cek di bawah ini untuk tahu apa saja penyebab kaki kebas:

1. Posture Tubuh

Laptop - Vania
Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Sincerely Media

Kebiasaan memiliki postur tubuh tentu akan memberi tekanan pada saraf atau mengurangi aliran darah pada bagian tungkai bawah, hal ini merupakan penyebab yang paling umum terjadi dari mati rasa sementara pada tungkai dan kaki. Banyak orang yang mengatakan bahwa istilah tersebut sebagai kaki tertidur atau istilah medisnya merupakan paresthesia sementara. Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan paresthesia sementara adalah :

  • Menyilangkan kaki terlalu lama.
  • Duduk atau berlutut untuk waktu yang lama.
  • Duduk di atas kaki.
  • Memakai celana, kaos kaki, maupun sepatu yang ketat.

2. Cedera

Kaki Kebas - Vania
Ilustrasi Kaki Kebas/https://www.shutterstock.com/AstroStar

Cedera pada tubuh, tulang belakang, pinggul, kaki, pergelangan kaki, dan kaki biasanya akan memberikan tekanan pada bagian saraf dan menyebabkan kaki serta tungkai akan mengalami mati rasa.

3. Diabetes

Selanjutnya beberapa orang yang mengalami diabetes biasanya akan mengalami kerusakan saraf lainnya yang disebut sebagai neuropati diabetic. Neruropatik Diabetik ini akan menyebabkan mati rasa, kesemutan dan nyeri pada kaki.

4. Masalah Punggung Bawah dan Linu Panggul

Sakit Punggung - Vania
Ilustrasi Sakit Punggung/https://unsplash.com/Keenan Constance

Masalah di punggung bawah ini seperti kerusakan atau herniasi cakram tulang belakang, akan menyebabkan kopresi saraf ke kaki dan menyebabkan mati rasa ataupu gangguan sensorik. Jika saraf ini teriritasi maupun tertekan, maka seseorang mungkin akan mengalami mati rasa maupun kesemutan di kaki.

5. Sindrom Tarsal

Sindrom terowongan tarsal atau Tarsal Tunnerl Sindrom akan terjadi ketika saraf yang mengalir di bagian belakang kaki dan sepanjang pergelangan kaki di kompres, diperas, maupun rusak.

Terowongan tarsal merupakan sebuah ruang sempit pada bagian dalam pergelangan kaki, seseorang yang mengalami sindrom ini akan mengalami mati rasa, terbkaar, kesemutan, dan rasa sakit yang menusuk di pergelangan kaki maupun tumit.

6. Penyakit Arteri Perifer

Telapak Tangan - Vania
Ilustrasi Telapak Tangan/https://unsplash.com/Analia Baggiano

Penyakir Arteri Perifer (PAD) akan menyebabkan arteri darah tepi di kaki lengan, dan perut yang akan menyempit. Kebanyakan orang yang mengalami PAD ini akan merasakan rasa sakit dank ram kaki serta pinggul saat mereka berjalan atau naik tangga. Beberapa orang yang mengalami PAD biasanya akan merasakan mati rasa dan kelemahan pada kaki.

7. Penggunaan Alkohol

Racun dalam alkohol akan menyebabkan kerusakan saraf yang berhubungan dengan mati rasa, terutama pada bagian kaki. Mengonsumsi alkohol yang berlebihan juga akan menyebablan kerusakan saraf yang menyebabkan mati rasa.

8. Fibromyalgia

Sakit Kepala
Ilustrasi Sakit kepala/https://www.shutterstock.com/Freedom Life

Fibromyalgia merupakan kondisi kronis atau tahan lama yang akan menyabkan nyeri tubuh yang meluas seprta nyeri tekanan. Beberapa orang dengan fibromualgia juga akan mengalami mati rasa dan kesemutan di tangan maupun kaki. Beberapa orang dengan fibromyalgia akan mengalami beberapa gejala termasuk :

  • Kekakuan dan nyeri tanpa alasan yang jelas, terutama pada pagi hari maupun setelah tidur.
  • Kelelahan kronis.
  • Sindrom kaki gelisah.

Hampir setiap orang yang yang mengalami fibromyalgia biasanya akan mengalami gejala lebih dari satu bagian tubuh mereka selama beberapa bulan.

9. Sklerosis Ganda

Keram Kaki
Ilustrasi Keram Kaki/https://www.shutterstock.com/perfectlab

Orang dengan multiple sclerosis (MS) akan mengalami kerusakan saraf sensorik yang akan menyebabkan mati rasa di sebagian kecil tubuh atau seluruh anggotan badan. Terkadang mati rasa akan terkait dengan sclerosis ganda dan berlangsung untuk waktu yang singkat.

Beberapa pengobatan yang akan membantu meredakan kaki kebas ataupun tidak nyaman seperti istirahat, hal ini mungkin menandakan bahwa kamu perlu mengistirahatkan kaki. Selain itu berendam di air es atau air yang dingin serta memijat kaki yang akan membantu meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi gejala lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela