5 Jenis Insecurity yang Bisa Terjadi Pada Setiap Orang

Febi Anindya Kirana19 Jan 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 15:45 WIB
lelah malas bekerja

Fimela.com, Jakarta Umumnya orang hanya menyebut insecure sebagai perasaan kurang pantas, minder, takut, dan cemas sehingga merasa dirinya tidak aman dan nyaman dengan dirinya sendiri. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata insecurity sendiri memiliki banyak jenis?

American Psychological Association melaporkan bahwa rasa tidak aman memiliki banyak segi. Dilansir dari Choosingtherapy dan Harappa.education, ada lima tipe insecure yang sering dirasakan setiap orang. Tipe insecure itu adalah sebagai berikut.

1. Job Insecurity

Seperti kata pertamanya, orang-orang yang merasakan job insecurity cenderung merasa tidak kompeten, minder, dan tidak yakin dirinya sudah menunjukkan kinerja terbaik di tempat kerja. Mereka memiliki keraguan, kebingungan, ketidakpercayaan diri serta kecemasan yang membuat mereka mempertanyakan kemampuan diri sendiri. Job insecurity juga bisa melanda orang-orang yang merasa pekerjaannya tidak punya gengsi atau kurang 'mentereng' di mata orang lain sehingga mudah diremehkan.

2. Financial Insecurity

perempuan zodiak uang
Ilustrasi/copyright shutterstock/Syda Productions

Semakin bertambahnya usia, banyak orang dewasa merasakan financial insecurity berlebihan karena merasa khawatir tak bisa membiayai kebutuhan hidupnya sendiri, orangtua, atau anak-anaknya. Ini tentang bagaimana perasaanmu ketika melihat angka-angka di rekening atau tagihan. Banyak orang menentukan nilai mereka berdasarkan pendapatan atau aset yang dimiliki, kemudian saling membandingkan diri. Itulah penyebab timbulnya financial insecurity.

3. Social Insecurity

perempuan sedih
ilustrasi perempuan merenung/metamorworks/Shutterstock

Orang-orang introver sering mengalami social insecurity karena takut bersosialisasi dengan banyak orang atau merasa tidak nyaman bertemu orang asing. Mereka sering bersikap pemalu dan memiliki pemikiran bahwa orang lain akan segera menilai dengan buruk. Social insecurity juga sering dialami para lajang dan yang sudah menikah mengenai pernikahan. Stigma sosial selalu mampu memberikan rasa tidak aman pada diri sendiri.

4. Body Insecurity

perempuan gemuk obesitas
ilustrasi perempuan berisi/copyright by shurkin_son (Shutterstock)

Banyak orang, terutama perempuan mudah sekali merasakan body image insecurity. Apa pun yang dikeluhkan terkait penampilan fisik, entah itu bentuk tubuh, berat badan, tinggi badan, atau bagian tubuh tertentu termasuk ke dalam body insecurity. Banyak orang merasa insecure karena merasa dihakimi secara negatif oleh orang lain, dianggap jelek dan lain sebagainya.

5. Relationship Insecurity

meredakan emosi saat bertengkar dengan pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Makistock

Orang-orang dengan perasaan insecure ini selalu mudah merasa curiga, cemburu dan berprasangka buruk kepada pasangannya. Tidak memiliki rasa percaya dalam hubungan dan selalu memikirkan skenario terburuk yang bisa terjadi antara dirinya dan pasangan padahal semua itu tidak ada di kehidupan nyata.

Itu dia sekian jenis insecurity yang sering dirasakan setiap orang. Jika kamu merasa insecure, coba kenali jenisnya lalu cari cara untuk mengatasinya.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela