5 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang

Baiq Nurul Nahdiat19 Jan 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 17:48 WIB
Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang

Fimela.com, Jakarta Banyak yang menjadikan begadang sebagai kebiasaan, terkadang tuntutan pekerjaan atau gaya hidup membuat seseorang memiliki waktu tidur yang lebih sedikit atau tidak teratur. Padahal, begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tak bisa diabaikan.

Dan inilah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu sering begadang.

1. Peningkatan Berat Badan

Sudah banyak yang membuktikan bahwa kebiasaan bedagang dapat meningkatkan berat badan jika dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur teratur. Salah satu alasannya karena kurang tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan membuat seseorang makan lebih banyak.

2. Menyebabkan penuaan dini

Saat kurang tidur tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol atau hormon stres. Hormon ini bisa merusak protein pada kulit sehingga kulit akan terasa kasar dan kendur.

3. Daya ingat yang menurun

Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang
Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang. (ilustrasi/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Salah satu bagian tubuh yang akan mengalami proses perbaikan atau regenarasi sel adalah otak. Sehingga, kurang waktu istirahat bisa menyebabkan otak tidak dapat meregenerasi sel secara maksimal. Akibatnya kinerja otak juga akan menurun.

4. Mudah stres

Tak hanya menyebabkan masalah fisik, kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan mental yang membuat seseorang mudah merasa lelah, suasana hati yang buruk dan stres.

5. Menyebabkan diabetes

Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang
Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Sering Begadang. (Ilustrasi/credit via shutterstock)

Sebuah penelitian menemukan kalau orang yang sering begadang ternyata memiliki potensi terkena diabetes lebih besar daripada orang yang tidur teratur. Kurang tidur dapat memengaruhi metabolisme sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya gula darah.

Jadi, kalau kamu sudah tahu apa saja dampak buruk dari begadang, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut dan mengatasinya dengan tidur lebih awal, rajin berolahraga dan hindari stres.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela