7 Cara Sederhana Meningkatkan Asupan Gizi untuk Tubuh

Febi Anindya Kirana25 Jan 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 18:15 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Meski sebagian besar dari masyarakat masa kini sudah tidak kesulitan mendapatkan makanan, tapi bukan berarti kita tak bisa meningkatkan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk memperingati Hari Gizi Nasional, ini cara sederhana meningkatkan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh, dilansir dari LMHHealth.

1. Jaga asupan kalori harian dalam jumlah yang wajar

Penting sekali menjaga jumlah kalori yang dimakan setiap hari karena berlebihan sangat tak baik untuk kesehatan. salah satu cara terbaik untuk memastikan tubuh sudah terpenuhi gizi yang baik adalah mencatat asupan kalori yang sehat.

2. Makan enak tapi porsi lebih sedikit

Kamu tentu ingin makan makanan enak seperti junk food, bergula dan asin gurih gorengan, tapi untuk memastikan gizi tercukupi untuk tubuh, jangan makan makanan yang buruk untuk tubuh dalam porsi berlebihan, apalagi jika masih sidtambah dengan camilan. Big no no!

3. Porsi jangan berlebihan

makan sehat buah sayur diet
ilustrasi perempuan jaga kesehatan/Nattakorn_Maneerat/Shutterstock

Jika sudah bisa menahan diri untuk tidak makan junk food dan mengurangi camilan, pastikan pula porsi makan tidak berlebihan meskipun apa yang kamu makan sehat seperti sayur dan buah-buahan karena kalorinya akan tetap berlebihan jika porsinya tidak diatur.

4. Perhatikan komposisi makanan harian

Penuhi asupan gizi harian dengan komposisi yang seimbang, bukan hanya mendapatkan serat, karbohidrat, vitamin dan mineral dari buah dan sayur tapi juga drai biji-bijian dan kacang-kacangan. Bahkan memenuhi protein dari sumber hewani dan nabati. Tambahkan pula lemak sehat seperti dari minyak zaitun, alpukat dan telur.

5. Pilih sumber protein yang bagus

Protein pun perlu diperhatikan. Penuhi dengan beragam sumber protein, baik nabati maupun hewani misalnya dari daging sapi, daging ayam, makanan laut, kedelai, tahu, tempe dan lain sebagainya.

6. Kurangi natrium (asupan garam)

diet makan sehat sayur buah
ilustrasi diet/copyright by Beboopai (Shutterstock)

Bukan hanya mengurangi asupan gula, jumlah natrium atau garam yang masuk ke tubuh juga harus dikurangi dengan cara mengurangi makanan olahan kalengan, kemasan, dan beku. Jika ingin mengonsumsi jenis makanan olahan, cek label komposisi apakah rendah sodium atau tidak.

7. Minum lebih banyak air putih (tanpa pemanis)

Minum air putih lebih banyak juga penting untuk menjaga peredaran darah yang lancar, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, bahkan menjaga laju darah sehingga bisa mengangkut oksigen ke berbagai organ tubuh dengan optimal.

Jadi, untuk memperingati Hari Gizi Nasional, pastikan menerapkan sekian cara di atas mulai dari sekarang ya!

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela