5 Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Baiq Nurul Nahdiat28 Jan 2022, 14:05 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 14:48 WIB
Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang membuat seseorang susah tidur di malam hari, misalnya karena istirahat yang tidak terarur, stres, makan makanan yang tidak sehat dan sebagainya. Meskipun terlihat sederhana, susah tidur atau insomnia tak boleh disepelekan, karena bisa berdampak pada masalah kesehatan yang lain, seperti kurang darah, meningkatnya asam lambung, pusing dan masih banyak lagi.

Jadi, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi susah tidur di malam hari.

1. Merendam kaki dengan air garam

Merendam kaki dengan air garam yang hangat dapat menurunkan tekanan darah, karena air hangat menciptakan efek pelebaran dan memperlancar pembuluh darah. Terapi ini juga bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami kelelahan setelah bekerja dan mengalami insomnia.

2. Mendengar suara hujan

Mendengar suara rintik hujan mampu meredakan perasaan cemas sehingga membuat pikiran tenang dan lebih mudah untuk tertidur. Sebuah penelitian menemukan, suara hujan memberikan energi positif karena bisa membangkitkan kenangan yang indah di masa lalu. Kamu bisa memutar musik suara hujan dari ponsel dan mendengarkannya saat tidur.

3. Makan almond

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari
Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari. (Ilustrasi/Foto: pixabay.com)

Buat kamu yang sering susah tidur, mengonsumsi almond sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi almond dapat meningkatkan produksi hormon melatonin sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

4. Mandi

Mandi malam juga diklaim bisa membuat rileks tubuh dan pikiran. Dan mandi dengan air hangat menjelang tidur juga bisa membuat tidur lebih cepat 10 menit.

5. Membaca buku

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari
Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari. (ilustrasi/Makistock/Shutterstock)

Membaca buku menjelang tidur juga bisa membuat seseorang lebih cepat mengatuk. Karena ketika otak bekerja kerasa dan otot mata yang lelah, menyebabkan mata lebih mudah mengantuk. Sehingga bisa dilakukan bagi kamu yang susah tidur di malam hari.

Selain dengan beberapa cara di atas, kamu juga harus menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur. Karena semua itu bisa memengaruhi kualitas tidurmu.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela