10 Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui

Baiq Nurul Nahdiat29 Jan 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 17:51 WIB
Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui

Fimela.com, Jakarta Mungkin sebagian orang takut berjemur dan terkena sinar matari karena tak mau kulitnya hitam atau kusam. Kamu juga mungkin hanya tahu kalau berjemur itu hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Padahal, berjemur itu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan fisik bahkan psikologi.

Seperti yang dilandir dari laman Health Shoths, berikut ini beberapa manfaat berjemur yang tak banyak diketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Berjermur membatu mengantifkan oksida nitrat yang terdapat pada lapisan kulit paling atas. Ini membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga menjaga tekanan darah tetap terkendali.

2. Tidur lebih nyenya

Jika kamu menderita insomnia, cobalah berjemur di bawah sinar matahari. Ini  membantu produksi melatonin yang membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

3. Mencegah masalah kulit

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Climatotherapy of psoriasis, berjemur dapat membantu mengatasi masalah kulit yang ektrim sekalipun.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui
Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui. (ilustrasi berjemur/Photo by JD Chow on Unsplash)

Sinar matahari sejak dulu dijadikan sebagai metode kuno untuk mengobati penyakit autoimun, sehingga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah diabetes

Sinar matahari mampu mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D membantu memproduksi hormon insulin yang berperan dalam mengatur kadar gula darah.

6. Membuat tubuh rileks

Berjemur juga membuat tubuh lebih rilesk karena  membantu peregangan otot dan meningkatkan fungsi kognitif otak.

7. Bagus untuk kesehatan tulang

Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui
Manfaat Berjemur yang Tak Banyak Diketahui. (ilustrasi/CandyRetriever/Shutterstock)

Vitamin D memainkan peran besar di sini, karena membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tubuh, dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

8. Mencegah depresi

Berjemur dapat meningkatkan suasana hati, karena saat berjemur tubuh akan memproduksi hormon serotonin yang berfungsi mencegah Depresi.

9. Bagus untuk kesehatan mata

Vitamin D juga sangat berperan untuk meningkatkan kesehatan mata. Cukup berdiri di bawah sinar matahari selama 15 menit untuk merasakan khasiatnya.

10. Mengurangi risiko Alzheimer

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, ditemukan bahwa pasien Alzheimer yang berjemur di bawah sinar matahari memiliki gejala depresi dan pelupa yang lebih sedikit.

Berjemur paling baik dilakukan pada pagi hari, yakni sekitar jam 08.00-10.00, dan untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa berjemur 15-30 menit setiap harinya. Jadi, jangan takut untuk berjemur ya, Ladies!

 

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela