Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Sakit di Ulu Hati, Hindari Saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, tentunya sangat ingin menikmati berbagai macam makanan untuk buka puasa. Namun hati-hati saat memilih makanan untuk berbuka puasa. Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit di ulu hati, yang berisiko penyakit GERD.

Sakit di bagian ulu hati adalah salah satu gejala yang ditimbulkan, pada saat penyakit GERD kambuh atau naiknya asam lambung. Kondisi ini sering kali disebabkan karena salah mengonsumsi makanan. Rasa nyeri yang disebabkan karena asam lambung ini, bisa menyebabkan seseorang tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Walaupun akan sembuh dengan sendirinya, tetapi sakit di ulu hati harus diwaspadai. Karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Berikut makanan penyebab sakit di ulut hati, yang harus dihindari saat buka puasa:

Makanan Penyebab Sakit di Ulu Hati

1. Makanan Tinggi Kolesterol

Saat berbuka puasa, hindari makanan yang tinggi kolesterol seperti jeroan. Makanan tinggi kolesterol merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh, yang menyebabkan pengosongan lambung dan memicu naiknya asam lambung di dalam tubuh. Sehingga makanan ini berisiko menyebabkan sakit di ulu hati. Selain itu, makanan tinggi kolesterol juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

2. Makanan yang Terlalu Pedas

Setelah perut kosong seharian, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Walaupun makanan padas bisa menggugah selera, dan meningkatkan nafsu makan, serta memberikan sensasi enak di mulut. Tetapi mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, bisa menyebabkan penyakit GERD yang memicu sakit di ulu hati.

3. Makanan Terlalu Asam

Makanan yang terlalu asam juga tidak boleh dikonsumsi orang yang telah seharian berpuasa. Karena kandungan asam di dalam makanan, bisa meningkatkan produksi asam di dalam lambung. Beberapa makanan yang terlalu asam adalah jeruk, lemon, nanas, hingga tomat.

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan bisa dijadikan sebagai nasi untuk dijadikan sebagai makanan buka puasa. Namun di dalam karbohidrat olahan memiliki kandungan yang tinggi gula. Sehingga makanan ini bisa meningkatkan asam lambung, dan menyebabkan sakit di ulu hati. Karbohidrat olahan juga bisa menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas.

Makanan Penyebab Sakit di Ulu Hati

5. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang dianggap bisa meningkatkan suasana hati, dan cocok dikonsumsi untuk takjil. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi cokelat, bisa menyebabkan penyakit asam lambung dan mengganggu fungsi sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena cokelat memiliki kandungan kafein dan tinggi lemak yang memicu sakit di ulu hati.

6. Produk Susu Sapi

Selain cokelat, produk susu sapi juga bisa meningkatkan kadar asam lambung. Karena ada sebagian orang yang intoleran terhadap susu sapi. Produk susu sapi seperti susu, keju, yogurt dan es krim bisa menyebabkan sakit di ulu hati.

7. Alkohol dan Soda

Terakhir yang harus dihindari saat buka puasa adalah alkohol dan soda. Karena alkohol dan soda mengandung asam dan gula yang sangat tinggi. Alkohol juga bisa terkandung dalam makanan seperti tape atau brem. Bahkan soda sering kali dijadikan sebagai minuman penyegar untuk buka puasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading