Sukses

Health

5 Makanan yang Bantu Cegah Mabuk Perjalanan agar Mudik Nyaman

Fimela.com, Jakarta Agar mudik bisa lebih nyaman, kita perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman kita. Salah satu tujuannya adalah agar tidak mengalami mabuk perjalanan. Sebab mabuk perjalanan pastinya akan membuat pengalaman mudik jadi lebih merepotkan.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk bantu cegah mabuk perjalanan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

 

1. Buah-Buahan Kering

Buah-buahan yangs udah dikeringkan bisa membantu menenangkan saraf sensorik kita. Melansir laman boldsky.com, para ahli menyebutkan salah satu penyebab mabuk perjalanan adalah cara kerja otak kita.

Saat melakukan perjalanan, otak kita mengirim sinyal kalau tubuh kita terus bergerak dan membuat perut ikut bereaksi sehingga membuat kita mual. Tubuh, mata, dan bagian dalam telinga yang mengandung organ sensorik keseimbangan mengirim pesan yang berbeda-beda ke otak pada saat bersamaan. Itu sebabnya saat rasa pusing, mual, muntah, dan sakit kepala kerap melanda saat kita mengalami mabuk perjalanan. 

Buah-buahan kering kaya akan sodium yang bisa mencegah muntah atau mabuk perjalanan. Jadi, bisa cukup aman dijadikan camilan selama di perjalanan.

2. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk mencegah mabuk perjalanan. Pisang mempunyai jumlah kalium dan protein yang cukup tinggi, yang mampu mengembalikan kebutuhan mineral dalam tubuh yang hilang serta nutrisi yang terbuang. Makan pisang 1-2 buah mampu mengurangi rasa mual dan mengembalikan energi tubuh.

 

3. Biskuit Asin

Sering merasa mual saat melakukan perjalanan? Coba bekali diri dengan biskuit asin. Crackers atau biskuit asin ternyata juga bisa mencegah mabuk perjalanan. Mengonsumsinya bisa bantu cegah mual.

4. Jahe

Siapkan jahe parut, lalu coba konsumsi setengah sendok teh. Jahe bisa membantu merilekskan indera kita dan memberi perasaan tenang saat di perjalanan. Jahe juga bisa diolah jadi minuman hangat untuk dikonsumsi sebelum mudik agar tidak mabuk perjalanan.

 

5. Roti Gandum

Sebelum melakukan perjalanan, konsumsi makanan dengan bulir utuh (whole grain). Salah satunya adalah roti gandum utuh. Makanan ini akan lebih mudah dicerna dan bisa membuat perut terasa lebih nyaman.

Itu tadi lima jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk bantu cegah mabuk perjalanan agar mudik nyaman. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading