Sukses

Health

9 Penyebab Badan Lemas dan Pusing yang Mengganggu Aktivitas

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela merasakan badan lemas dan pusing saat beraktivitas? Tentu saja badan lemas dan pusing akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor.

Badan lemas dan pusing ini bisa disebabkan karena seseorang terlalu lelah melakukan aktivitas. Namun, badan lemas dan pusing juga bisa dijadikan sebagai pertanda penyakit kronis. Penyakit anemia adalah salah satu penyakit yang menyebabkan badan terasa lemas dan pusing.

Jika Sahabat Fimela merasakan badan lemas dan pusing, sebaiknya perbanyak istirahat, menjaga pola hidup dengan sehat, dan jaga kualitas tidur dengan baik. Penyakit ini harus diwaspadai, karena juga menyebabkan penyakit diabetes. Berikut penyebab badan lemas dan pusing yang bisa mengganggu aktivitas:

Penyebab Badan Lemas dan Pusing

1. Sedang Haid

Seorang perempuan yang sedang mengalami masa haid, biasanya akan merasakan badan lemas dan pusing. Kondisi ini sangat wajar terjadi, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh dan mengeluarkan darah yang banyak. Badan lemas dan pusing saat sedang haid, akan lebih dirasakan oleh seseorang yang memiliki penyakit anemia.

2. Memiliki Riwayat Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Penyakit diabetes ditandai dengan gejala badan lemas dan pusing. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, jika memiliki riwayat diabetes.

3. Gangguan Hiponatremia

Gangguan hiponatremia termasuk penyakit kronis yang bisa menyebabkan metabolisme seseorang menjadi lemah. Hiponatremia terjadi saat kadar natrium di dalam darah sangat rendah, sehingga menyebabkan badan lemas dan pusing. Bahkan gangguan hiponatremia juga bisa membuat seseorang merasakan mengantuk terus menerus.

Penyebab Badan Lemas dan Pusing

4. Terlalu Banyak Pikiran

Apakah saat ini kamu sedang memiliki pikiran yang terlalu banyak? Kondisi ini akan mengakibatkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah, sehingga stres membuat badan lemas dan pusing. Terlalu banyak pikiran akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena kondisi ini juga membuat seseorang mengalami suasana hati yang berubah-ubah dan tidak memiliki semangat.

5. Sering Begadang

Secara umum, badan lemas dan pusing disebabkan karena terlalu sering begadang. Aktivitas begadang ini sangat tidak baik untuk dilakukan. Orang yang sering begadang akan mengalami penurunan konsentrasi, sehingga tidak akan mudah fokus dalam mengerjakan sesuatu. Jagalah kualitas tidurmu dengan baik, yaitu tidur selama 8 jam sehari dari jam 10 malam.

6. Kekurangan Cairan

Badan lemas dan pusing dijadikan sebagai pertanda tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan cairan bisa menghambat oksigen masuk ke dalam otak, sehingga otak akan menyusut dan menjadi kurang fokus saat berpikir. Kekurangan cairan juga bisa mengganggu sistem kerja organ tubuh, dan menyebabkan komplikasi penyakit, seperti gagal ginjal.

Penyebab Badan Lemas dan Pusing

7. Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless Legs Syndrome (RLS) adalah sebuah sindrom yang menyebabkan kaki melakukan gerakan tersentak-sentak setiap 20 hingga 30 detik setiap malam. Kondisi ini membuat seseorang kesusahan tidur pada malam hari. Sehingga akan merasakan badan lemas dan kepala menjadi pusing di keesokan harinya.

8. Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga bisa menyebabkan badan lemas dan pusing. Karena sistem imunitas tubuh menjadi menurun. Sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas yang sedang. Olahraga juga baik untuk melancarkan sistem peredaran darah dan menambah energi.

9. Kekurangan Gizi

Penyebab badan lemas dan pusing yang terakhir yaitu karena kekurangan gizi. Tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, bisa membuat badan menjadi lemas dan pusing. Konsumsilah vitamin dan mineral yang seimbang, untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading