Sukses

Health

9 Penyebab Batuk Tidak Sembuh-Sembuh yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Penyebab batuk tidak sembuh-sembuh harus diwaspadai. Pada umumnya, batuk disebabkan karena adanya infeksi virus. Sehingga batuk dapat menular ke orang lain melalui udara.

Batuk adalah gejala penyakit influenza yang bisa dialami selama 7 hingga 10 hari. Pada hari ke 4 penyakit ini akan bertambah parah dan bisa menular, hingga akhirnya penyakit ini membaik dan sembuh. Penyebab batuk tidak sembuh-sembuh bisa terjadi dalam waktu lama dan harus dikonsultasikan pada dokter.

Penyakit batuk ini bisa mengganggu sistem pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. Untuk itu, hindari penyebab batuk tidak sembuh-sembuh, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Batuk Tidak Sembuh-Sembuh

1. Penyakit Asma

Penyebab batuk tidak sembuh-sembuh bisa disebabkan karena memiliki riwayat penyakit asma. Penyakit asma adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit asma ditandai dengan sesak napas dan napas berbunyi, serta sering batuk.

2. Infeksi Mononukleus

Infeksi Mononukleus disebabkan karena virus Epstein Barr atau virus lainnya yang menginfeksi tenggorokan. Sehingga tenggorokan akan mengalami peradangan dan menyebabkan batuk tidak sembuh-sembuh. Infeksi ini juga menimbulkan benjolan dan pembengkakan di bagian leher, ketiak dan selangkangan, yang disebut dengan glandular fever.

3. Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang ditandai dengan gejala batuk tidak sembuh-sembuh. Karena adanya infeksi pada saluran pernapasan, yang kemudian menyebar ke area paru-paru, dan menyebabkan paru-paru berisi cairan dan nanah. Batuk berdahak yang disebabkan karena pneumonia, mengeluarkan lendir berwarna hijau dan mengeluarkan darah.

Penyebab Batuk Tidak Sembuh-Sembuh

4. Sering Mengonsumsi Minuman Dingin

Saat cuaca panas, sebaiknya hindari mengonsumsi es krim atau makanan dan minuman dingin lainnya. Karena minuman dingin memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga membuat tenggorokan menjadi cepat kering dan berisiko terjadinya peradangan pada tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami batuk kering tidak sembuh-sembuh.

5. Sering Mengonsumsi Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sering dikonsumsi. Tetapi gorengan mengandung minyak jenuh dan terbuat dari tepung, yang bisa membuat tenggorokan iritasi, yang berisiko menyebabkan batuk tidak sembuh-sembuh. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan juga bisa menyebabkan kolesterol jahat meningkat.

6. Sering Mengonsumsi Camilan

Camilan seperti popcorn, keripik kentang, kerupuk dan semacamnya, akan meninggalkan serpihan di tenggorokan. Serpihan itu bisa melukai tenggorokan, kemudian menyebabkan peradangan tenggorokan dan membuat batuk tidak sembuh-sembuh. Camilan juga memiliki kandungan garam yang tinggi, yang menyebabkan dehidrasi.

Penyebab Batuk Tidak Sembuh-Sembuh

7. Alergi Obat-Obatan

Ada sebagian obat yang memiliki efek samping menyebabkan radang tenggorokan. Karena beberapa obat tersebut, bisa mengurangi produksi sel darah putih yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi virus, dan ada obat yang menyebabkan dehidrasi. Saat tenggorokan mengalami peradangan, maka akan meningkatkan risiko terkena batuk kering.

8. Batuk Rejan atau Pertusis

Penyebab batuk tidak sembuh-sembuh yang selanjutnya adalah batuk rejan terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan dan bisa menular. Infeksi tersebut disebabkan karena bakteri Bordetella pertussis dan Bordetella parapertussis. Batuk ini bisa mengakibatkan kematian sehingga harus segera diperiksakan pada dokter.

9. Asap Rokok

Perokok pasif bisa mengalami batuk tidak sembuh-sembuh. Karena asap rokok bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Bahkan asap rokok juga bisa menyebabkan komplikasi pada paru-paru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading