Sukses

Health

Apa Saja Penyebab Pusing Saat Hamil? Cek Di Bawah Ini

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang sedang berada di masa kehamilan biasanya akan sering mengalami pusing. Pusing merupakan salah satu gejala ke hamilan yang paling umum, hal ini biasanya tidak menimbulkan kekhawatiran akan tetapi dapat menjadi masalah yang cukup serius bagi beberapa perempuan.

Pusing adalah Hormonal saat tubuh bersiap untuk sembilan bulan di masa kehamilan, tekanan darah yang paling rendah selama pertengahan trimester kedua dapat membuat beberapa perempuan mengalami pusing. Tak hanya itu pusing selama masa kehamilan juga dapat membuat seseorang merasa seperti ruangan berputar atau disebut vertigo.

Meskipun sering disepelekan akan tetapi jika hal ini sering terjadi dikhawatirkan ada gangguan atau tanda masalah yang cukup parah. Ada baiknya untuk berkonsultasi dan periksa ke dokter tentang pusing yang kamu alami. Berikut beberapa penyebab pusing di masa kehamilan:

Pusing di Awal Kehamilan

Mengubah Hormon dan Menurunkan Tekanan Darah

Setelah kamu mengetahui hamil, kadar hormon biasanya akan berubah untuk membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini biasanya dapat membantu bayi berkembang di dalam rahim, peningkatan aliran darah juga dapat menyebabkan tekanan darah yang berubah.

Hiperemesis Gravidarium

Pusing juga dapat terjadi jika kamu mengalami mual serta muntah yang cukup ekstrim selama masa kehamilan, hal ini dikenal sebagai Hiperemesis gravidarum. Hal ini juga sering terjadi di awal ke hamilan karena adanya perubahan kadar hormon, jika kamu berada di kondisi ini mungkin tidak dapat menahan makanan atau air akan tetapi dapat mengakibatkan pusing serta penurunan berat badan.

Kehamilan Ektopik

Pusing dapat terjadi akibat kehamilan ektopik, hal ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya dalam sistem reproduksi di luar rahim. Ketika kondisi ini terjadi biasanya ke hamilan tidak dapat dilakukan akan tetapi kamu mungkin mengalami pusing serta nyeri di perut dan pendarahan pada vagina.

Pusing Trimenster Kedua

Tekanan Pada Rahim

Mungkin kamu akan mengalami pusing jika tekanan dari rahim yang tumbuh menekan ke pembuluh darah, hal ini dapat terjadi pada trimester kedua atau ketiga dan lebih sering terjadi ketika bayi besar. Berbaring terlentang juga bisa menyebabkan pusing karena berbaringdapat menyebabkan rahim yang membesar menghalangi aliran darah dari ekstrimitas bawah ke jantung.

Diabetes Gestasional

Mungkin kamu akan mengalami pusing dengan Diabetes gestasional jika gula darah terlalu rendah, diabetes gestasional juga terjadi ketika hormon mempengaruhi cara tubuh untuk memproduksi insuli in. Ada baiknya jika kamu untuk periksa ke dokter jika mengalami hal ini, maka jika pusing bersamaan dengan gejala lain seperti berkeringat, komentar, dan sakit kepala dapat di indikasikan bahwa gula darah rendah.

Pusing di Trimester Ketiga

Banyak penyebab pusing pada trimester pertama dan kedua yang menyebabkan gejala yang sama di kemudian hari pada ke hamilan. Penting untuk mengunjungi dokter secara teratur pada trimester ketiga untuk memantau kondisi yang berpotensi berbahaya dan dapat menyebabkan pusing.

Pusing Selama Kehamilan

Anemia

Mungkin kamu mengalami penurunan jumlah sel darah merah yang sehat dari kehamilan dan dapat menyebabkan anemia. Hal ini terjadi ketika kamu tidak memiliki cukup zat besi dan asam folat dalam tubuh, selain pusing anemia juga dapat menyebabkan rasa lelah, pucat, dan sesak nafas.

Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat terjadi kapan saja dalam masa kehamilan, mungkin kamu akan mengalaminya pada trimester pertama jika ada mual atau muntah. Kemungkinan kamu akan mengalami dehidrasi di kemudian hari dalam ke hamilan karena tubuh membutuhkan lebih banyak air.

Pusing merupakan gejala umum kehamilan dan banyak faktor yang berbeda dari penyebab nya, ada baiknya untuk periksa ke dokter atau bidan jika kamu mengalami pusing yang terlalu sering. Menghindari berdiri atau berbaring dalam waktu lama dan menjaga tubuh tetap bergizi dengan makanan sehat serta memperbanyak air ternyata dapat membantu mengurangi masa pusing pada kehamilan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading