10 Cara Aman dan Nyaman Mudik Lebaran di Masa Pandemi Covid-19

Febi Anindya Kirana26 Apr 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 16:21 WIB
perempuan memakai masker

Fimela.com, Jakarta Dua tahun lalu saat pandemi Covid-19 masih belum terkendali, masyarakat Indonesia tidak diperbolehkan untuk mudik dahulu. Meski menjadi hal yang sangat disayangkan, namun karena kesabaran semua orang, pada akhirnya tahun 2022 ini masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk mudik lagi, tentu saja dengan beberapa syarat.

Mudik Lebaran mungkin menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan dan sudah sangat ditunggu banyak orang. Tapi bukan berarti kita bisa abai mengenai peraturan dan syarat mudik yang aman dan nyaman selama pandemi Covid-19 yang ternyata mengalami banyak perubahan dibanding sebelum adanya pandemi. Ini beberapa tips aman dan nyaman mudik selama masa pandemi yang dijelaskan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyodari dilansir dari Liputan6.com

1. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci

perempuan di bandara traveling memakai masker
mudik/Shutterstock

Hal pertama yang harus dipastikan adalah tinggalkan rumah sudah dalam keadaan semua terkunci dengan baik. Jika memasang gembok atau CCTV, pastikan mengecek lagi sebelum ditinggal pergi mudik.

2. Kabarkan ke tetangga

Untung mengantisipasi adanya kemalingan selama mudik, kabarkan ke tetangga terdekat, ketua RT atau satpam perumahan sehingga lingkungan sekitar bisa dijaga, diawasi serta mewaspadai jika ada kegiatan mencurigakan di sekitar rumahmu oleh orang-orang tak dikenal.

3. Laporkan ke Bhabinkamtibmas

Sahabat Fimela juga bisa melaporkan sedang melakukan perjalanan mudik pada Bhabinkamtibmas untuk didatakan sehingga bisa dilakukan pengawasan dan penjagaan di sekitar rumah oleh orang-orang yang melakukan tugas keamanan.

4. Cek kendaraan

Ilustrasi mudik
mudik/Shutterstock

Jika bepergian menggunakan kendaraan pribadi, pastikan sudah melakukan servis kendaraan atau mengecek semua kelayakan kendaraan untuk melakukan perjalanan jauh sehingga terjamin keselamatan keluarga selama di perjalanan.

5. Bawa barang seperlunya

Jika kamu mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan saja. Hindari membawa barang berharga yang berlebihan, susah dibawa apalagi diawasi karena besar kemungkinan akan merepotkan dan rawan kehilangan selama di perjalanan.

6. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara menggunakan kendaraan pribadi selama berangkat dan pulang mudik sehingga sampai di kampung halaman dalam keadaan baik, sehat dan utuh bersama sanak keluarga.

7. Sudah vaksin booster

suntik vaksin
vaksin booster/Shutterstock

Syarat utama diperbolehkan mudik Lebaran tahun ini juga tidak lepas dari memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap Covid-19 saat mudik. Warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster.

8. Istirahatlah di rest area

Melakukan perjalanan jauh saat mudik pasti sangat melelahkan. Jangan lupa juga untuk menyempatkan istirahat jika merasa mengantuk di perjalanan dengan memanfaatkan fasilitas umum di rest area yang ada di sepanjang jalan yang dilalui sebelum meneruskan lagi perjalanan.

9. Hubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian

Tidak ada yang tahu apa yang mungkin terjadi selama di perjalanan mudik. Jika mengalami masalah atau gangguan di jalan, Sahabat Fimela dan keluarga bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik.

10. Disiplin Prokes

Terakhir tapi yang paling penting dan sudah menjadi syarat umum mudik selama pandemi adalah disiplin protokol kesehatan. Tetap pakai masker ke mana pun kamu pergi, mencuci tangan, tidak saling bersentuhan dan bepergian dalam keadaan sehat.

Itu dia sekian tips mudik aman dan nyaman selama masa pandemi agar tetap sehat dan bahagia melakukan mudik lebaran.

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela