Sukses

Health

Tips Tubuh Tetap Fit di Penghujung Ramadan Saat Mudik dan Lebaran

Fimela.com, Jakarta Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa Ramadan semakin tinggi. Seperti tetap menjalankan olahraga ringan dan menjaga pola makan.

Sehingga di penghujung Ramadan, kita siap menyambut Lebaran dengan tubuh sehat dan bugar. Begitu juga bagi yang mudik, menjadi lebih fit saat di perjalanan dan arus balik nantinya.

Berikut ini beberapa kebiasaan simpel yang rutin dilakukan untuk menjaga tubuh tetap prima. Setelah selesai puasa Ramadan, kebiasaan sehat ini juga baiknya tetap kita lakukan.

Tetap luangkan waktu untuk berolahraga ringan di sela kesibukan

Rutin menjalankan olahraga harian setidaknya 30 menit setiap hari dapat mendukung fisik agar tetap fit. Selain itu, berolahraga juga mampu mengurangi stres, serta membuat suasana hati lebih baik dan rileks melalui produksi hormon endorfin. 

Meskipun berbeda dari hari-hari biasa, puasa bukanlah alasan untuk kamu tidak berolahraga. Di tengah padatnya jadwal yang kamu miliki, kamu bisa meluangkan waktu pada sore hari, satu atau dua jam menjelang maupun setelah berbuka puasa.

Pilihlah olahraga atau aktivitas fisik yang tepat dengan intensitas ringan agar kamu tidak terlalu lelah, misalnya jogging atau jalan santai, sertai juga dengan peregangan otot dengan gerakan yang terarah sebagai pemanasan dan pendinginan.

 

Jaga pola makan dan cukupi istirahat

Saat berpuasa, menjaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka sangatlah penting. Menyesuaikan waktu makan yang berubah, porsi makanan pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak kekurangan maupun berlebihan.

Supaya kamu tidak lemas saat berpuasa, pastikan konsumsi makanan sahur dan berbuka yang seimbang kadar karbohidrat, protein, lemak, dan seratnya. Jangan lupa, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, dengan total minimal 8 gelas per hari.

Bukan hanya pola makan sehat dan gizi seimbang, pola tidur pun juga perlu disesuaikan agar tubuh tetap segar saat berpuasa. Setelah sahur dan subuh, kamu dapat melanjutkan tidur maksimal 2 jam sebelum kembali beraktivitas. Selain itu, disarankan untuk mengurangi aktivitas berat dan beristirahatlah lebih awal pada malam hari setelah beribadah.

 

Konsumsi vitamin yang dibutuhkan

Selain berolahraga dengan rutin, menjaga kekebalan tubuh juga bisa didukung dengan mengonsumsi vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini juga semakin penting untuk dikonsumsi selama berpuasa. Dengan memilih vitamin yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dapat memaksimalkan kinerja suplemen yang masuk ke tubuh.

Menariknya, kamu bisa memanfaatkan fitur Tanya Dokter dari Alodokter untuk bertanya seputar kesehatan, termasuk menanyakan vitamin yang tepat untuk kebutuhan tubuhmu. Terlebih, kamu bisa langsung membeli vitamin yang dibutuhkan melalui fitur Aloshop yang tersedia di aplikasi Alodokter dengan layanan antar langsung ke rumah.

 

Cek kesehatan secara berkala diperlukan untuk mengetahui kondisi tubuh, serta meminimalkan risiko terhadap kesehatan

Melakukan pengecekan kesehatan secara berkala menjadi salah satu kegiatan yang perlu dipertimbangkan, karena kamu bisa mengetahui kondisi tubuh dengan lebih baik. Pada saat berpuasa, kerap kali kita menjadi kalap saat berbuka, sehingga nilai gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi berisiko menjadi tidak terkontrol.

Hal ini bisa saja membahayakan tubuh, maka dari itu, cek kesehatan secara berkala diperlukan untuk mengetahui kondisi tubuh, meminimalkan potensi penyakit. Apalagi kalau kamu sudah memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya.

Serba mudah dan cepat, kamu bisa memanfaatkan layanan chat dengan dokter di aplikasi Alodokter agar langsung terhubung dengan dokter yang kompeten untuk berkonsultasi. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan melalui laman web dan aplikasi Alodokter yang dapat mendukung kamu untuk tetap fit di bulan Ramadan.

Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter, mengatakan, “Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di berbagai kondisi tentu merupakan aspirasi setiap orang. Rangkaian kebiasaan sehat yang konsisten dilakukan akan mendukung tubuh untuk selalu siap dan aktif, bahkan saat berpuasa di bulan Ramadan. Alodokter sebagai platform kesehatan digital terkemuka berusaha untuk terus mendukung kebiasaan sehat dengan menyediakan layanan konsultasi serta kebutuhan kesehatan lainnya bagi masyarakat. Semakin spesial di bulan Ramadan ini, kami juga bermitra dengan ShopeePay Big Ramadan Deals agar belanja kebutuhan kesehatan semakin mudah dan nyaman dengan berbagai penawaran dan promo menarik.”

Itu dia keempat tips simpel agar tetap fit di bulan Ramadan. Kabar baiknya, jaga kesehatan tubuh dengan optimal kini makin hemat karena Alodokter bekerja sama dengan ShopeePay pada kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals selama bulan Ramadan yang akan berlangsung hingga tanggal 5 Mei mendatang. Kamu bisa mendapatkan cashback hingga 100%.

Caranya, kamu hanya perlu membeli voucher cashback di fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading