Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Tipes yang Berbahaya untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Tipes atau tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Dalam dunia medis, penyakit tipes juga dikenal dengan sebutan demam tifoid. Penyakit ini harus diwaspadai dan segera disembuhkan, karena bisa menular ke orang lain melalui rute fekal-oral.

Seseorang yang terkena penyakit tipes, akan ditandai dengan gejala napsu makan menurun, tubuh mengalami demam tinggi, keluar keringat berlebih, tubuh dehidrasi dan mengalami diare. Dalam kondisi parah, gejalanya akan disertai dengan batuk bronkitis. Penyakit ini dapat menyerang segala usia yang memiliki sistem imunitas tubuh lemah.

Bakteri Salmonella thyphi yang menjadi penyebab penyakit tipes ini, dapat berkembang biak melalui air dan makanan. Sehingga Sahabat Fimela harus mewaspadai makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Berikut makanan penyebab tipes yang berbahaya untuk kesehatan:

Makanan Penyebab Tipes

1. Daging Mentah

Makanan penyebab tipes yang pertama adalah daging mentah. Daging mentah mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi tipes. Selain itu, daging yang masih mentah sudah terkontaminasi bakteri E. coli dan yersinia, yang bisa menyebabkan keracunan dan diare. Sebaiknya masaklah daging hingga matang, dan pilih daging yang masih segar sebelum dikonsumsi.

2. Air Mentah

Hindari mengonsumsi air yang masih mentah. Karena ada banyak kandungan bakteri yang terdapat dalam air mentah. Pastikan mengonsumsi air yang matang dan sudah diproses, serta terjaga kebersihannya. Hindari juga menggunakan es batu yang tidak higienis, karena menyebabkan tipes.

3. Produk Olahan Susu Mentah

Produk olahan susu sapi mengandung lemak tinggi dan asam yang tinggi. Bagi seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, bisa mengalami keracunan, gangguan pada sistem pencernaan hingga penyakit tipes. Produk ini juga sangat mudah terkontaminasi bakteri Salmonella thyphi, Shigella dan amoeba, jika susu yang digunakan masih mentah.

4. Sayur dan Buah

Pastikan mencuci sayur dan buah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Sayur dan buah yang tidak dicuci bersih sudah terkontaminasi oleh residu pestisida, bakteri salmonella, Listeria campylobacter, dan E. coli. Tentu saja mengonsumsi sayur dan buah yang sudah terkontaminasi bakteri, akan menyebabkan seseorang terkena tipes.

Makanan Penyebab Tipes

5. Makanan Pedas

Jika kamu sangat menyukai makanan pedas, perlu diketahui bahwa makanan pedas akan membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Bahkan makanan pedas bisa menyebabkan gangguan motilitas lambung. Makanan penyebab perut kembung ini akan membuat kondisi tipes menjadi semakin parah, disertai dengan diare yang tak kunjung sembuh.

6. Tepung Mentah

Saat menggunakan tepung untuk membuat olahan makanan, sebaiknya jangan mencicipi adonan tepung tersebut sebelum dimasak dengan matang. Karena tepung mentah mengandung bakteri salmonella, sehingga menyebabkan penyakit tipes. Pastikan mengolah makanan berbahan dasar tepung hingga matang, untuk menghindari keracunan makanan.

7. Makanan Laut

Makanan penyebab tipes yang terakhir adalah makanan laut. Bagi sebagian orang, makanan laut juga bisa mengakibatkan alergi dan keracunan. Apalagi jika mengonsumsi makanan laut yang masih mentah atau setengah matang. Sahabat Fimela bisa menghindari makanan laut seperti udang, kepiting, kerang, tiram, dan kerang.

Cara Mengatasi Tipes

Penyakit tipes bisa menyerang seseorang yang tidak menjaga pola hidup dengan bersih. Sehingga akan terinfeksi bakteri Salmonella thyphi penyebab tipes. Untuk itu, cara mengatasi penyakit tipes adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih bersih dan sehat.

Usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang makanan. Karena ada banyak sekali bakteri dan kuman yang menempel pada tangan. Gunakan peralatan makan pribadi yang sudah terjaga kebersihannya.

Hindari mengonsumsi makanan dan air minum yang masih mentah. Pilihlah makanan yang sudah diolah dengan matang dan pilih minuman yang hangat. Jika terkena penyakit tipes, segera konsultasikan pada dokter dan lakukan pengobatan secara rutin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading