Atur Makan Hingga Menyusui, Ini Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Mimi Rohmitriasih16 Mei 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 12:15 WIB
diet

Fimela.com, Jakarta Setelah hamil dan melahirkan, perempuan akan mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. Perubahan itu bisa berupa perubahan fisik pun psikis. Namun yang pasti, setelah hamil dan melahirkan sebagian besar perempuan akan memiliki tubuh lebih gemuk dan perut yang lebih buncit. Tak perlu khawatir atau cemas, ini adalah hal yang wajar dialami setiap perempuan setelah melahirkan. 

Melansir dari laman theasianparents.com, untuk masalah perut buncit setelah melahirkan sebenarnya bisa diatasi dengan mudah di rumah. Setelah beberapa bulan setelah melahirkan, Mom sudah bisa memulai olahraga ringan atau melakukan diet untuk mengecilkan perut. Bagaimana cara mengecilkan perut? 

Atur Pola Makan dan Hidup

tubuh langsing diet
ilustrasi perempuan sehat olahraga/photo created by senivpetro - www.freepik.com

Pastikan untuk mengatur pola makan dan hidup yang lebih sehat. Makanlah dengan porsi kecil namun sering. Ini bisa menurunkan risiko menumpuknya lemak di perut jika dibandingkan dengan makan dengan porsi besar. Pastikan juga jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang sehat dan rendah lemak. Buah, sayur serta protein baik untuk menunjang diet setelah melahirkan. Hindari makanan cepat saji dan minuman yang mengandung banyak gula serta karbonasi.

Miliki Olahraga Ringan Setiap Hari

perempuan diet olahraga
Ilustrasi/Shutterstock.com/metamorworks

Usahakan untuk memiliki olahraga ringan setiap harinya. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam akan membantumu memiliki perut yang lebih kecil atau rata. Ini juga akan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh yang menyebabkan tubuh terlihat lebih gemuk.

Konsumsi Air Putih dan Istirahat Cukup

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

Pastikan untuk memiliki asupan air putih cukup setiap harinya. Pastikan juga bahwa kamu memiliki wkatu istirahat yang cukup. Kedua hal ini sangat penting bagi kelancaran program diet dan usaha mengecilkan perut. Selain baik untuk diri sendiri, tubuh yang bugar karena asupan air putih cukup dan istirahat cukup juga bisa membantu buah hati memiliki tumbuh kembang yang lebih baik.

Menyusui

ibu menyusui
ilustrasi ibu dan bayi/Baby photo created by cookie_studio - www.freepik.com

Penelitian menemukan jika aktivitas menyusui bermanfaat menurunkan berat badan secara alami. Menyusui secara eksklusif juga bermanfaat menjadi KB alami. Para ahli percaya jika menyusui eksklusif selama 6 bulan setelah melahirkan akan menjadi jalan ninja setiap perempuan mendapatkan berat badan lebih ideal. Dengan catatan ia juga menerapkan pola hidup sehat yang lebih baik. 

Itulah beberapa tips mengecilkan perut setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1