Sukses

Health

Adenovirus Diduga Jadi Salah Satu Penyebab Hepatitis Misterius, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan mengenai virus hepatitis misterius pasca terkena Covid-19. Salah satu yang termasuk kandidat dari penyebabnya adalah Adenovirus. Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Muzal Kadim, SpAK mengungkapkan bahwa Adenovirus memang masuk dalam salah satu daftar virus yang diduga menyebabkan hepatitis misterius.

Dikutip dari Liputan6.com, Adenovirus itu sebenarnya adalah virus yang bisa menyebabkan diare, yang sudah banyak ditemukan sebagai penyebab kasus diare pada anak. Pada kasus hepatitis misterius ini tidak diketahui mengapa Adenovirus bisa ditemukan sebagai penyebabnya, karena hal ini masih dalam  penelitian. Selama ini Adenovirus itu biasanya ringan, gejalanya hanya diare, sakit perut, muntah sebentar, demam-demam ringan. Seperti juga ada beberapa virus penyebab diare seperti Rotavirus, Adenovirus itu salah satu penyebab diare.

Gejala hepatitis misterius

Gejalanya sebagian besar adalah gejala saluran cerna. Jadi biasanya muntah, diare, sakit perut, dan demam, karena ini suatu infeksi, maka juga sering disertai demam. Pada kelopak mata juga biasanya menjadi kuning.

Kondisi kuning tersebut bisa berlanjut ke area badan bila kondisi sudah lebih berat. Urinnya pun berubah warna menjadi kecoklatan seperti air teh.

Kondisi tersebut kemudian bisa beralih kembali ke hepatitis fulminan. Hepatitis fulminan merupakan kondisi dimana hati menjadi gagal berfungsi. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan gagal hati akut. Oleh karena itu, sejak awal orangtua harus sudah waspada terkait gejala-gejala tersebut. Sehingga bisa langsung melakukan tindakan pertolongan dengan cepat.

Vaksin untuk hepatitis

Vaksin hepatitis yang sudah ada dan diberikan pada anak sejauh ini merupakan vaksin untuk jenis hepatitis A dan B. Vaksin hepatitis A dan B diberikan pada anak mulai dari bayi baru lahir dan berulang sesuai jadwal masing-masing anak serta rekomendasi dokter.

Namun, untuk jenis hepatitis lainnya seperti C hingga E belum diberikan. Termasuk pada hepatitis misterius yang saat ini tengah ramai diperbincangkan. Hingga saat ini hepatitis misterius belum banyak diketahui dalam dunia kedokteran, karena merupakan hal yang masih baru. Termasuk soal virus yang menjadi penyebab di baliknya. Penyebabnya masih diselidiki. 

 

*Penulis: Saffa Sabila.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading