Sukses

Health

Apa Penyebab Dada Terasa Sakit? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami dada terasa sangat sakit atau nyeri pada bagian dada? Meskipun nyeri pada dada sering berkaitan dengan masalah yang serius terkadang nyeri dada sering dikaitkan dengan masalah jantung yang kita alami. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bukan menjadi salah satu adanya tanda masalah yang serius.

Dada yang terasa sangat sakit atau nyeri tentu membuat kita tidak nyaman dan terkadang kesulitan untuk melakukan aktivitas maupun bernafas. Nyeri dada biasanya sering terjadi pada seseorang yang memiliki usia di atas 30 tahun, tetapi untuk usia remaja terkadang juga dapat mengalaminya.

Meskipun terkadang membuat kita khawatir, ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan dada terasa sakit. Selain itu kamu mungkin akan mengalami gejala pusing maupun mual, berikut beberapa penyebab dada terasa sangat sakit yang mungkin kamu alami:

1. Ketegangan Otot

Peradangan pada otot dan tendon di sekitar tulang rusuk ternyata dapat menyebabkan nyeri pada bagian dada yang terus menerus, rasa sakit ini biasanya akan lebih buruk ketika kita melakukan aktivitas yang berat karena hal ini termasuk dari salah satu gejala terjadinya ketegangan otot.

2. Tulang Rusuk Terluka

Cedera pada tulang rusuk seperti memar, patah tulang ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit dada atau nyeri. Ketika kamu mengalami cedera pada tulang rusuk biasanya akan mendengar retakan atau merasakan rasa sakit yang luar biasa hal ini terjadi karena tulang rusuk patah.

3. Tukak Lambung

Ulkus peptikum merupakan luka di lapisan perut biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, akan tetapi mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan terulang pada bagian dada. Mengkonsumsi Antasida dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh Tukak lambung.

4. Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD)

GERD mengacu pada isi perut saat naik ke tenggorokan hal ini biasanya dapat menyebabkan rasa terbakar di area dada dan rasa asam di sekitar mulut yang mungkin kita alami.

5. Asma

Asma merupakan gangguan pernapasan yang umum serta ditandai dengan adanya peradangan di saluran udara yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri dada. Selain itu gejala lainnya juga termasuk nafas, batuk, dan mengi.

6. Paru-paru Kolaps

Ketika udara menumpuk di ruang antara paru-paru dan tulang rusuk, biasanya dapat menyebabkan paru-paru yang kolaps hal ini dapat membuat orang merasa nyeri dada saat bernafas. Selain itu ketika kamu menderita kolaps paru paru juga akan mengalami nafas, kelelahan, dan detak jantung yang cepat.

7. Gangguan Kontraksi Kerongkongan

Gangguan kontraksi Esofagus merupakan kontraksi atau kejang pada saluran makanan, gangguan inilah yang dapat menyebabkan dada terasa sangat sakit dan nyeri.

Ketika kamu mengalami data yang terasa sangat sakit ada baiknya untuk menghubungi dokter jika nyeri dada datang tiba tiba dan kesulitan bernafas ada baiknya untuk pergi ke dokter akan mendapatkan bantuan medis yang tepat. Bahkan ketika nyeri dada yang terasa sangat parah serangan jantung bukanlah salah satu penyebab yang memungkinkan, tetapi bisa jadi hal ini terjadi karena adanya serangan jantung. Ada baiknya jika kamu periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading