Sukses

Health

9 Penyebab Mata Sering Berair yang Tidak Boleh Kamu Sepelekan

Fimela.com, Jakarta Air mata memiliki beberapa peran penting dalam bagian tubuh kita, terutama mereka akan menjaga mata tetap terlumasi dan membantu membersihkan Particle asing serta debu. Selain itu air mata juga merupakan komponen dari sistem kekebalan tubuh yang melindungi kita dari beberapa infeksi.

Kelenjar di bawah kulit kelopak mata bagian atas biasanya akan menghasilkan air mata yang mengandung air serta garam, selain itu saat kita berkedip air mata akan menyebar dan menjaga mata tetap lembab. Kelenjar lainnya juga akan menghasilkan minyak yang mencegah air mata menguap terlalu cepat atau keluar dari air mata.

Selain itu air mata akan dikeluarkan melalui saluran air mata dan kemudian akan menguap, ketika kita menangis atau mengeluarkan air mata terlalu banyak tentu akan membanjiri saluran air mata dan mengembangkan mata berakhir. Ternyata ada beberapa alasan mengapa mata sering berakhir dengan sendirinya, berikut beberapa penyebab yang perlu kamu tahu:

1. Ada Sesuatu di Mata

Ketika sesuatu masuk ke dalam mata seperti saya. Kotoran, debu, bulu mata tentu tubuh akan mengeluarkan lebih banyak air mata untuk mengeluarkannya. Bahkan hal hal yang terlalu kecil untuk dilihat seperti partikel dalam asap atau bahan kimia dalam bawang ternyata dapat memicu reaksi keluarnya air mata, setelah masalah ini tersapu mata akan berhenti berakhir. Tetapi biasanya ada masalah mata lain dan masalah kesehatan yang bisa membuat kamu lebih sering menangis.

2. Mata Kering

Mungkin kamu mengalami masalah mata kering, tubuh tidak menghasilkan cukup air mata karena mengering terlalu cepat atau tidak memiliki keseimbangan air, minyak, dan lendir yang tepat. Ternyata banyak hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut mulai dari hari yang berangin hingga kondisi medis, apapun penyebabnya mata akan bereaksi dengan mengeluarkan lebih banyak air mata.

3. Konjungtivitis

Hal ini dapat menyebabkan mata ber air dan salah satu masalah paling umum terutama jika terjadi pada anak anak dan orang dewasa. Selain itu konjungtivitis juga dapat membuat satu atau kedua mata terlihat merah muda atau merah dan terasa sangat gatal serta berpasir. Infeksi bakteri atau virus merupakan salah satu penyebab yang paling umum, infeksi virus biasanya tidak memerlukan pengobatan akan tetapi memerlukan obat tetes mata antibiotik jika itu bakteri.

4. Alergi

Mata berair dan gatal sering disertai dengan batuk, pilek, dan gejala alergi kasih lainnya mungkin salah satu penyebab adanya alergi yang kamu alami. Ternyata obat alergi, obat Tetes mata, dan menghindari pemicu seperti serbuk saru, jamur, atau puluh hewan peliharaan dapat membantu mengatasi alergi yang mungkin kamu alami.

5. Saluran Air Mata Terblokir

Biasanya air mata akan mengalir keluar dari kelenjar air mata di atas mata dan menyebar ke seluruh permukaan bola mata serta mengalir ke seluruh sudut. Tetapi jika saluran tersumbat, air mata akan menumpuk dan mata akan berakhir banyak hal yang dapat menyebabkan masalah ini seperti infeksi, cedera, bahkan penuaan.

6. Bintitan

Bintitan dapat membuat mata kita berakhir akan tetapi gejala lainnya yang lebih jelas yaitu adanya penjualan yang bengkak, merah, dan nyeri di sepanjang tepi Kelopak mata. Bakteri merupakan salah satu penyebab dari bintitan yang mungkin kita alami, akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena bintitan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Sementara itu biarkan saja dan jangan mencoba untuk mencetnya seperti jerawat karena akan menyebabkan infeksi menyebar.

7. Masalah Bulu Mata (Eyelash)

Pernah memiliki bulu alis yang tumbuh dengan keras pada sudut yang aneh? Hal yang sama ini juga dapat terjadi pada bulu mata kita. Tren saat ini yaitu eyelash yang sering digunakan oleh banyak perempuan agar mempercantik bagian mata mereka. Padahal efek samping dari eyelash yaitu dapat memberikan infeksi kan pada mata yang disebut trikoasis atau akan terjadinya infeksi pada bagian mata atau masalah lain.

8. Blepharitis

Blepharitif merupakan kondisi yang membuat kelopak mata menjadi bengkak, biasanya di dekat puluh mata. Selain itu mata mungkin akan perih dan berakhir menjadi merah serta gatal. Banyak hal yang dapat menyebabkan blepharitis seperti infeksi, rosacea, dan energi.

9. Penyebab Lainnya

Banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan mata berair seperti bell’s palsy, sindrom Sjogren, infeksi sinus kronis, dan masalah tiroid. Begitu juga perawatan medis seperti kemoterapi atau radiasi, jika mata kita sering ber air dan tidak tahu mengapa maka bumilah dokter akan mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab mata kering akan menentukan pengobatan yang kita tentukan, maka dari itu kamu perlu menghubungi dokter jika mata mengalami robekan berlebih atau mata mengeluarkan cairan. Dalam beberapa kasus mata berakhir akan hilang tanpa pengobatan, tetapi periksa ke dokter untuk mengetahui masalah mata yang mungkin kamu alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading