Kapan Waktu yang Tepat untuk Hamil Lagi Setelah Caesar? Ini Kata Ahli

Mimi Rohmitriasih12 Mei 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 11:35 WIB
kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat istimewa. Saat perempuan hamil dan melahirkan, saat itulah ia seolah menjadi perempuan seutuhnya. Ketika hamil seseorang harus benar-benar menjaga kesehatan diri dan janin di kandungannya. Ada banyak pantangan yang harus dihindari demi dapatkan kesehatan serta keselamatan yang maksimal selama hamil maupun saat melahirkan. 

Melansir dari laman parents.com, melahirkan secara normal atau pun ceasar sama-sama sakit. Keduanya juga sama-sama baik sehingga tak ada alasan bagi seseorang untuk lebih memilih melahirkan secara normal atau memilih melahirkan secara caesar. Namun Sahabat Fimela, yang penting diperhatikan saat dirimu melahirkan setelah operasi caesar adalah keputusan untuk segera hamil lagi. 

Setelah operasi caesar, sebaiknya tunggu beberapa waktu dulu jika ingin hamil kembali. Berbeda dengan melahirkan secara normal, melahirkan secara caesar rentan mengalami berbagai risiko jika jarak kehamilan pertama dan kedua begitu dekat. 

Kapan Sebaiknya Hamil Lagi Setelah Caesar?

Ibu Hamil
Ilustrasi/copyright unsplash.com/@omarlopez1

Saat dokter menyarankan Mom untuk melahirkan secara caesar, tentu ada alasan khusus kenapa dokter menyarankan hal tersebut. Alasan itu bisa karena Mom mengalami masalah kesehatan, janin tidak memungkinkan lahir secara normal atau jika Mom memaksa melahirkan normal ini bisa berisiko pada Mom maupun janin. 

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, tubuh Mom perlu pemulihan yang lebih lama dibandingkan jika Mom melahirkan secara normal. Setelah operasi caesar dan ingin hamil lagi, pastikan untuk berkonsultasi dulu mengenai kehamilan ini. Umumnya, dokter menyarankan Mom agar hamil lagi setelah 18 - 24 bulan setelah melahirkan. Di waktu ini tubuh Mom dikatakan sudah pulih dengan baik. 

Para ahli mengungkapkan jika hamil lagi di waktu yang terlalu cepat setelah operasi caesar atau kurang dari 18 bulan bisa sangat berisiko pada keselamatan ibu maupun janin. Penelitian menunjukkan bahwa hamil kurang dari enam bulan setelah operasi caesar dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti rahim yang pecah atau bayi memiliki berat lahir rendah.

Semoga informasi ini bermanfaat. Ketika ingin memulai program kehamilan lagi setelah operasi caesar, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter atau ahlinya. Pastikan juga bahwa fisik pun psikis Mom benar-benar siap untuk hamil dan melahirkan lagi. 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela