Apa Penyebab Tumit Sakit Saat Berjalan? Cek Di Sini

Vania Al kautsar12 Mei 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 10:50 WIB
Tumit - Vania

Fimela.com, Jakarta Untuk setiap perjalanan tentu kita akan memberikan tekanan pada bagian kaki terutama di tumit, ternyata tekanan saat berjalan, berlari, atau melakukan aktivitas fisik lainnya dapat mempengaruhi bagian tumit. Akan tetapi Stress juga dapat menyebabkan tumit menjadi nyeri atau sakit.

Pernahkah kamu memperhatikan perawatan tumit saat mereka sakit? Tiga bagian tumit kaki kita sakit dan cita terus melanjutkan aktivitas biasanya rasa sakit itu akan terus bertumbuh dan bertambah buruk dan menyebabkan kondisi kronis yang disertai dengan gejala lainnya.

Nyeri tumit yang kita alami diakibatkan oleh tekanan berulang pada tumit seperti berjalan maupun berlari, terkadang masalah ini juga dipengaruhi oleh adanya struktural dengan tulang dan jaringan lunak. Berikut beberapa penyebab tumit terasa sakit saat berjalan:

1. Plantar Fasciitis

Tumit - Vania
Ilustrasi Tumit/https://unsplash.com/Gigin Krishnan

Plantar Fasciitis merupakan salah satu penyebab paling umum dari sakit tumit yang kita rasakan, hal ini dikarenakan adanya ligamen kuat yang berjalan dari tulang tumit ke ujung kaki. Ketika Fasia diregangkan terlalu jauh seratnya akan menjadi meradang dan mengakibatkan rasa sakit pada bagian tumit.

Rasa sakit biasanya terjadi di mana ligamen menempel pada tulang tumit akan tetapi bisa juga dirasakan di bagian tengah kaki. Ternyata orang dewasa yang berusia 40 hingga 70 tahun memiliki resiko tinggi terkena kondisi satu ini, terutama jika mereka lari atau memiliki pekerjaan yang membutuhkan waktu untuk berdiri terlalu lama.

Perempuan yang sedang hamil sering mengalami Plantar Fasciitis karena adanya beban tambahan yang memberikan tekanan pada ligamen, hal ini juga berlaku untuk mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu masalah kaki struktural seperti lengkungan kaki yang tinggi atau datar juga dapat mempengaruhi Plantar Fasciitis seperti ketika memakai sepatu tanpa dukungan lingkungan yang memakai.

2. Tendinitis Achiles

Tumit - Vania
Ilustrasi Tumit/https://unsplash.com/Jason Blakeye

Tendon Achilles adalah beta jaringan yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit seringkali digunakan saat kita berjalan, berlari, melompat, atau mendorong jari kaki. Achilles Tendinitis adalah cedera berlebihan yang paling sering terlihat saat kita berlari.

Ketika diregangkan di luar kisaran normal ternyata Tendon Achilles akan mengembangkan banyak robekan mikroskopis yang menebal, melemah, dan menyakitkan di bagian tumit. Selain itu mungkin kita juga akan memiliki rentang gerak yang terbatas saat melenturkan kaki, berikut perawatan untuk tendonitis achilles:

  • Istirahat.
  • Memakai penyangga.
  • Suntikan steroid.

3. Tumit Bursitis

Tumit - Vania
Ilustrasi Tumit/https://unsplash.com/Hanna Balan

Ini adalah kondisi Peradangan bursa, kantung berserat berisi cairan pada bagian belakang tumit yang melindungi tulang, ligamen, dan otot. Peradangan satu ini dapat disebabkan oleh iritasi berulang dari mendarat dengan keras di bagian tumit, hal ini juga dapat terjadi karena terlalu banyak tekanan yang diberikan pada tumit oleh alas kaki.

Ketika kamu mengalami hal ini biasanya akan merasakan sakit pada bagian tumit atau punggung yang terkadang Tendon Achilles juga akan membengkak ternyata rasa sakitnya juga akan bertambah buruk seiring berjalannya waktu.

4. Penyakit Server

Rutin Berjalan Kaki
Ilustrasi Berjalan Kaki Credit: pexels.com/Dunn

Penyakit server merupakan salah satu penyebab paling umum dari nyeri tumit pada anak maupun remaja, hal ini sering dipicu oleh mikro trauma pada pelat tumit selama percepatan pertumbuhan. Biasanya juga akan mempengaruhi anak perempuan usia 8 hingga 13 dan anak laki laki usia 10 hingga 15 tahun.

Tulang tumit yang bertumbuh lebih cepat dari biasanya atau dari pada ligamen kaki akan membuat otot dan tendon bisa menjadi kencang dan terlalu mereka, padahal tumit sangat rentan terhadap daerah karena kaki adalah salah satu bagian tubuh pertama yang tumbuh hingga ukuran penuh dan tumit yang tidak terlalu fleksibel.

5. Taji Tumit

Lupus
Ilustrasi Kaki Mati Rasa Credit: pexels.com/Cats

Deposit kalsium ini dapat menyebabkan penonjolan tulang di bagian bawah tulang tumit, mereka biasanya akan lebih sering disebabkan oleh ketegangan otot dan ligamen, peregangan plantar fascia, dan berulang pada membran terjadi pada atlet yang memiliki aktivitas terlalu banyak berlari dan melompat.

Tumit kaki yang terasa sangat sakit memang sering diabaikan dan terkadang kita sering menyepelekan hal ini, ternyata masalah tumit yang sakit berkaitan dengan kondisi kesehatan kita. Berdiri, berlari, dan melompat menjadi salah satu penyebab paling umum dari tumit terasa sakit, jika kamu mengalami beberapa gejala yang disertai dengan tumit rasa sakit ada baiknya untuk periksa ke dokter akan mendapatkan perawatan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela