Sukses

Health

Apa Penyebab Darah Haid Menggumpal yang Bikin Khawatir? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah khawatir jika melihat kumpulan dalam darah saat haid? Meskipun hal ini sangat normal dan jarang menimbulkan khawatiran tetapi beberapa orang takut saat mengetahui adanya gumpalan haid. Kumpulan haid sendiri merupakan campuran sel darah, jaringan dari lapisan rahim, dan protein dalam darah yang membantu mengatur alirannya.

Beberapa kondisi medis satu ini juga dapat menyebabkan pembekuan darah yang besar seringkali bersamaan dengan pendarahan menstruasi yang berat atau nyeri hati. Menoragia di definisikan sebagai perdarahan menstruasi yang bisa lebih berat dari biasanya, akan ada banyak alasan kemungkinan mengapa menstruasi yang kamu alami mengeluarkan banyak gumpalan darah.

Mengeluarkan gumpalan darah selama siklus haid seringkali merupakan salah satu kejadian yang normal selama berhari-hari terberat saat kita melalui masa periode haid. Faktanya, banyak perempuan yang mengalami pembekuan di beberapa. Akan tetapi pendarahan hebat dan keluarnya gumpalan besar terkadang bisa menjadi perhatian yang perlu kita khawatirkan. Berikut beberapa penyebab darah head menggumpal yang sering bikin khawatir:

1. Kondisi Tiroid

Kondisi tiroid merupakan salah satu kelenjar Ki leher yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan distribusi hormon kita, jika hal ini tidak berfungsi dengan baik maka dapat mendatangkan malapetaka pada siklus haid kita. Kondisi seperti hipotiroid biasanya (menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid) atau hipertiroid yang (menghasilkan terlalu banyak) karena tiroid dan dapat mempengaruhi aliran dan tingkat ke parahan siklus menstruasi.

2. Polip dan Fibroid

Pertumbuhan seperti polip dan fibroid dapat menetap di rahim dan lapisannya selain itu hal ini juga dapat menyebabkan menstruasi kita menjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya, ternyata ada banyak jenis gibroid jinak akan tetapi fibroid submukosa (fibroid yang tumbuh di dalam rongga rahim) merupakan salah satu hal yang paling mungkin menyebabkan perdarahan hebat dan pengukuhan besar.

Polip rahim yang tumbuh di leher rahim atau di lapisan rahim juga bisa menjadi salah satu faktor pembekuan, jika kamu mengalami pendarahan hebat, penggumpalan darah besar selama masa haid, atau nyeri punggung di bagian bawah hal ini dapat menjadi tanda adanya penyumbatan rahim seperti fibroid.

3. Kontrol Kelahiran

Jika kamu baru saja memulai bentuk kontrasepsi baru dan menguatkan gumpalan darah besar selama menstruasi maka metode pengendalian kelahiran dapat menjadi faktor penyebab nya. Beberapa bentuk pengendalian kelahiran seperti IUD non-Hormonal ternyata dapat menyebabkan menstruasi yang lebih berat dari biasanya serta pembukuan pada beberapa perempuan. Jika kamu memiliki IUD dan mengalami pembekuan dan pendarahan yang hebat ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

4. Obat-Obatan

Seperti pengendalian kelahiran ternyata ada beberapa jenis obat yang dijual bebas dan diresepkan yang dapat menyebabkan menstruasi berat dengan ada gumpalan. Obat anti inflamasi, obat Hormonal seperti esterogen dan progestin dan antikoagulan dapat menyebabkan aliran menstruasi kita tidak normal serta banyak pendarahan atau gumpalan.

5. Keguguran

Pada tahap awal kehamilan jika kamu mengalami keguguran atau ke hamilan ektopik yaitu ketika janin mulai terbentuk di luar rahim seringkali disalahartikan sebagai gumpalan menstruasi yang lebih berat dari biasanya. Kehilangan awal ke hamilan juga dapat menyebabkan pembekuan darah yang dari biasanya.

6. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim dan berkembang di luar rongga rahim, hal ini dapat menyebabkan pembukaan dan pendarahan berat selama siklus masa haid serta mengalami sakit perut atau kram yang parah.

7. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Kondisi lain yang dapat menyebabkan pembekuan berat dan pendarahan selama masa haid adalah PCOS yaitu ketidakseimbangan hormon yang paling umum. Folikel terbentuk di ovarium yang gagal melepaskan sel telur secara teratur dan menghasilkan Pelaut yang tidak teratur.

Gumpalan akan terjadi ketika lapisan rahim merupakan jumlah darah yang meningkat, ketika darah mengenang di dalam rahim atau vagina maka darah akan menggumpal seperti halnya pada luka pada kulit yang terbuka. Seseorang mungkin akan mengalami aliran yang deras dan mengandung kumpulan menstruasi dalam satu bulan serta aliran yang lebih ringan tanpa gumpalan pada bulan berikutnya. Selain itu variasi ini aku juga dapat terjadi karena perubahan alami yaitu adanya faktor dia dan kehidup. Namun, siapa pun yang mengalami hal ini atau pembekuan berat juga perlu menemui dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading