3 Cara Mudah untuk Mengurangi Jerawat Punggung

Fimela Reporter15 Mei 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 19:15 WIB
jerawat punggung

Fimela.com, Jakarta Permasalahan kulit seperti jerawat sering muncul pada sebagian orang. Tak jarang jerawat muncul di bagian selain wajah dan leher seperti di punggung. Jerawat punggung bila tidak segera dirawat akan menimbulkan bekas dan juga terasa perih dan gatal. Hal tersebut akan membuat tidak nyaman dan juga kurang percaya diri bila memakai pakaian yang bagian punggungnya terbuka.

Faktor-faktor yang menyebabkan jerawat punggung adalah hormon, punggung yang berkeringan, dan juga kurang bersih dalam mandi sehingga sabun masih tersisa di permukaan kulit. Simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jerawat punggung sebelum jerawat tersebut semakin meradang dan menyebar di permukaan kulit punggung. 

Mandi Setelah Beraktifitas

Setelah beraktivitas dan berkeringat sebaiknya membilas diri menggunakan sabun dan shampoo. Untuk menghindari dan mengurangi jerawat punggung, kamu perlu mandi dengan urutan yang benar. Yang pertama adalah membasuh kepala dengan menggunakan air kemudian sampo dan membilas bersih shampo tersebut, baru setelah rambut bersih kamu dapat melanjutkan dengan membersihkan tubuhmu dengan sabun.

 

Memakai Bath Gloves

Jerawat di Punggung
Jerawat di Punggung (sumber: iStockphoto)

Biasanya jerawat punggung disebabkan oleh selain hormon sehingga dan juga keringat dan tingkat kebersihan yang kurang sehingga menyumbat pori-pori yang kemudian meradang menjadi jerawat kebersihan punggung saat mandi perlu diperhatikan lebih lagi. 

Pada dasarnya, bath gloves berfungsi sebagai alat untuk membantu exfoliasi kulit. Penggunaan bath gloves akan membantu membersihkan kulit tubuh secara lebih maksimal sekaligus mengangkat kuman, bakteri, dan sel kulit mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu ubuh terutama bagian punggung. Perlu diingat untuk mengganti bath glovesmu maksimal tiga bulan sekali supaya terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel pada bath gloves.

Memilih Sabun Mandi yang Tepat 

Sabun mandi menjadi faktor krusial dalam kebersihan dan kesehatan kulit, sehingga perlu memilih sabun mandi yang tepat sesuai dengan masalah kulit. Pada kulit yang memiliki masalah jerawat pada bagian punggung, usahakan memilih sabun yang cocok dengan kandungan yang mampu meredakan jerawat seperti tea tree. Sabun dengan kandungan tea tree dapat membantu mengatasi jerawat di punggung. Jika kamu memiliki alergi atau kurang cocok dengan tea tree, kamu dapat memilih sabun yang mengandung niacinamide, AHA, BHA, serta aloe vera.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1