7 Penyebab Tidak Bisa Tidur di Malam Hari Dapat Menjadi Masalah Serius

Vania Al kautsar13 Mei 2022, 13:41 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 13:48 WIB
Insomnia - Vania

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang dapat menyebabkan kita sulit untuk tidur di malam hari kondisi satu ini sering disebut sebagai insomnia, yaitu merupakan gangguan tidur umum yang sering membuat banyak orang sulit untuk tertidur atau mungkin sering mengalami bangun terlalu dini dan kesulitan untuk tidur kembali.

Insomnia yang mungkin kamu alami tidak hanya melemahkan tingkat energy dan suasana hati akan tetapi juga kesehatan dan kualitas hidup. Setiap orang tentu memiliki jam tidur yang sangat bervariasi akan tetapi kebanyakan orang dewasa hanya memiliki waktu hingga 7 jam saat tidur di malam hari.

Orang dewasa juga memiliki risiko terkena insomnia jangka pendek yang berlangsung berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh Stress atau peristiwa traumatis, berikut beberapa penyebab tidak bisa tidur di malam hari yang mungkin kamu alami:

1. Stress

Stress - Vania
Ilustrasi Stress/https://unsplash.com/Yuris Alhumaydy

Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, atau mungkin keluarga terkadang membuat pikiran kita terus aktif di siang maupun malam hari. Pikiran yang aktif terkadang membuat banyak orang mengalami tekanan dan berakibat kesulitan untuk tidur.

Faktanya stress menjadi salah satu penyebab utama bagi banyak orang dewasa mengalami kesulitan tidur di malam hari, ketika stress yang kamu alami tidak mereda tentu akan membuat hormon di dalam tubuh terus mengalir di malam hari dan membuat seseorang memiliki ketidakmampuan untuk rileks saat tidur.

2. Jadwal Perjalanan atau Kerja

Mata - Vania
Ilustrasi Mata/https://www.shutterstock.com/fizkes

Setiap orang ternyata memiliki ritme sirkandian yang bertindak sebagai jam internal yang sering memandu berbagai hal seperti siklus bangun-tidur, metabolisme, dan berbagai suhu tubuh kita.

Hal ini tentu dapat megganggu ritme sirkandian tubuh dan dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, penyebab utamanya adalah jadwal perjalanan seperti jet lag atau waktu kerja yang tidak menentu seperti bekerja di shift pagi, siang, maupun malam.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Tidur - Vania
Ilustrasi Tidur/https://unsplash.com/Yohann Libot

Kebiasaan tidur yang buruk seperti jadwal waktu tidur yang tidak teratur di siang hari ternyata dapat merangsang aktivitas sebelum tdiur, lingkungan tidur yang tidak nyaman dan menggunakan tempat kerja sebagai tempat tidur akan membuat seseorang memiliki waktu tidur yang buruk atau terkena insomnia. Saat kita tidur tentu sangat penting jika memiliki ruangan yang nyaman agar tidur menjadi lebih rileks.

4. Makan Terlalu Banyak di Malam Hari

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Handy Wicaksono

Sering kali kita makan di malam hari daripada sarapan, banyak orang yang mengalami kelaparan di malam hari karena aktivitas berat di siang hari. Seseorang yang berusaha untuk malam di malam hari dengan prosi yang terlalu banyak biasanya akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, hal ini dikarenakan perut masih memproses makanan yang kita konsumsi di malam hari.

5. Memiliki Kondisi Kesehatan Mental

Tidur - Vania
Ilustrasi Tidur/https://unsplash.com/Kinga Cichewicz

Insomnia merupakan salah satu gejala dari banyak gangguan kejiwaan termasuk depresi, kecemasan, gangguan obsesif komplusif (OCD), gangguan bipolar, dan gangguan stress pasca trauma (PTSD). Hal ini sering dikaitkan dikarenakan adanya perubahan seperti respons stress yang meningkat dan masalah lainnya yang terkait dengan jam tubuh internal serta siklus tidur.

6. Obat-Obatan

minum obat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo

Banyak jenis obat-obatan yang kita konsumsi memiliki resep atau efek sulit tidur, seperti obat antidepresan tertentu dan obat asma maupun tekanan darah. Bisa jadi salah satu penyebab kamu kesulitan tidur di malam hari adalah efek obat yang mungkin kamu konsumsi.

7. Kafein dan Alkohol

Alkohol - Vania
Ilustrasi Alkohol/https://unsplash.com/Kelsey Chance

Mengkonsumsi kafein, alkohol, teh, cola, termasuk dalam minuman stimulant, jika kamu mencoba untuk minum beberapa minuman diatas saat sore hari atau malam hari dapat membuat kamu tidak tertidur di malam hari, nikotin merupakan salah satu produk tembakau yang termasuk stimulant dan dapat membuat seseorang mengalami gangguan tidur di malam hari.

Setiap orang terkadang akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, akan tetapi beberapa hal yang mereka alami memiliki penyebab yang berbeda. Tidur merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan seperti makan maupun aktifitas fisik yang teratur, kekurangan tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela