Apa Penyebab Badan Gatal-Gatal yang Bikin Nggak Nyaman? Cek Di Sini

Vania Al kautsar13 Mei 2022, 13:49 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 13:55 WIB
Efek Alergi hingga Kondisi Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami badan yang terasa sangat gatal? Tentu akan membuat kamu bertanya dan mencari tahu apa penyebab badan terasa sangat gatal yang mungkin kamu alami. Rasa gatal yang mungkin terjadi tentu akan membuat seseorang sering menggaruk bagain yang gatal, banyak hal yang dapat menyebabkan rasa gatal pada bagian tubuh.

Kulit yang terasa sangat gatal merupakan salah satu sensasi tidak nyaman dan membuat banyak orang kesal karena harus menggaruk bagian yang gatal. Kulit yang gatal sering kali disebabkan oleh kulit kering, hal ini juga umum terjadi oleh orang dewasa yang lebih tua karena cenderung memiliki kulit kering seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir kulit kering biasanya dapat diatasi dengan beberapa hal, seperti menggunakan pelembab. Kulit maupaun badan yang terasa sangat gatal tentu membuat kita tidak nyaman, berikut beberapa penyebab badan gatal-gatal yang mungkin kamu alami:

1. Kulit yang Kering

kulit-kezo
ilustrasi resep ramuan alami yang bisa menyembuhkan gatal di kulit/pixabay

Salah satu penyebab yang paling umum dari badan terasa sangat gatal adalah kulit kering, kemungkinan seseorang mengalami kulit kering adalah faktor usia. Selain itu kulit kering juga dapat terjadi karena adanya eksim, psoriasis, luka bakar, maupun bekas luka yang mungkin kamu alami. Salah satu perawatn bagi kamu yang memiliki kulit kering adalah menggunakan moisturizer atau pelembab dan rajin membersihkan badan.

2. Gigitan Serangga

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Seluruh Badan Gatal/noppawan09/shutterstock

Pernahkah kamu digigit serangga hingga memiliki bekas luka yang memerah atau benjolan? Gigitan serangga sendiri ternyata dapat meberikan efek gatal. Selain itu gigitan serangga terkadang memiliki efek yang berbeda, ada yang gatal, merah, benjol, atau mungkin mengeluarkan darah. Beberapa serangga biasanya akan menggigit seseorang di malam hari dan terkadang aka bertahgan selama beberapa jam.

3. Kondisi Kulit Gatal

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Seluruh Badan Gatal/kwanchai.c/shutterstock

Penyebab dari badan yang terasa sangat gatal sendiri adalah kondisi kulit yang mendasarinya, beberapa kondisi kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal sangat panjang adalah:

  • Dermatitis atopic.
  • Cacar air.
  • Eksem Dsyhidrosis.
  • Psoriasi.
  • Kurap.

4. Reaksi Alergi

Kulit Gatal
Ilustrasi kulit gatal/copyright shutterstock

Kulit terkadang akan mengembangkan reaksi alergi terhadap banyak zat, selain itu salah satu zat yang paling umum dan sering menyebabkan reaksi alergi adalah nikel atau beberapa bahan produk yang sering kita sentuh setiap hari. Produk yang mengandung nikel seperti smartphone, perhiasaan, bingkai kacamata, risleting, dan ikat pinggang.

Zat lain juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit seperti cat kuku, parfum, shampoo, dan lateks. Selain itu kamu mungkin akan mengalami reaksi alergi yang lebih besar dan mengalami ruam serta gatal yang tak terkendali dalam beberapa produk makanan atau lainnya.

5. Pengobatan

Pengobatan Nyeri Sendi
Ilustrasi Pengobatan Nyeri Sendi Credit: pexels.com.com/Karolina

Badan gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh pengobatan yang mungkin kita lakukan hal ini dapat terjadi karena efek samping dari penggunaan beberapa obat. Ada baiknya jika kamu sedang ada masa perawatan atau pengobatan biacarakan dengan dokter efek samping dari obat yang akan kamu konsumsi.

Kulit gatal yang parah atau sedang terjadi dapat berlangsung hingga beberapa jam atau bahkan minggu. Hal ini mungkin juga akan mengganggu waktu tidur kamu dan menyebabkan kamu depresi atau  Stress, gatal dan garukan yang terlalu sering juga dapat menyebabkan infesi kulit. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang disertai dengan kulit gatal ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela