Sukses

Health

Mengenal Smiling Depression dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Smiling depression bukanlah diagnosis klinis melainkan sebuah istilah bagi mereka yang menutupi depresinya dengan pura-pura bahagia dan tersenyum. Mereka juga berusaha meyakinkan orang-orang di sekitarnya bahwa mereka baik-baik saja dan tidak sedang mengalami kesulitan.

Pada dasarnya reaksi seseorang saat mengalami depresi mereka akan merasakan gejala dan kondisi yang berbeda satu dengan yang lainnya seperti kehilangan nafsu makan, mual, tidur yang berlebihan, dan lain sebaginya. Namun hal yang biasa dijumpai pada penderita depresi adalah emosi kesedihan yang berkepanjangan. Untuk menangani depresi kamu perlu untuk berkonsultasi dan mengobrol dengan psikolog supaya dapat sembuh.

Pada titik ini dapat disimpulkan bahwa smiling depression tidak membantu sama sekali dalam menangani depresi, justru pura-pura bahagia dapat dikategorikan sebagai upaya perlindungan diri yang salah untuk menyangkal diri sendiri. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika kamu berada pada kondisi tersebut.

Menerima kondisi

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika mengalami kondisi smiling depression adalah dengan menerima dan mengakui kondisi yang sedang terjadi yaitu sedang depresi. Ketika kamu mengalami depresi, hal tersebut bukan berarti kamu lemah, justru hal tersebut yang membuat kamu menjadi seorang manusia yang memiliki emosi. Kamu tidak perlu menyembunyikan rasa sedihmu karena merasa sedih merupakan hal yang wajar.

Jujur dengan diri sendiri

Berhenti menipu diri sendiri dan denial terhadap emosi yang sedang dialami. Ungkapkan emosi yang biasanya berupa kesedihan tersebut dengan baik dan lampiaskan ke hal-hal baik pula. Contohnya adalah menangis

Mencintai diri sendiri

Ketika kamu terpuruk, jangan malah menyalahkan dirimu sendiri dan jangan terlalu keras dengan diri sendiri. Cobalah untuk mencintai diri sendiri dengan melakukan hal-hal sederhana yang dapat sedikit mengurangi beban pikiranmu, seperti melakukan hobimu, berbelanja, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Kamu juga perlu menyadari bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna. 

Berbagi cerita dengan orang lain

Beban yang kamu pendam sendiri tak jarang akan menjadi bom waktu untuk dirimu sendiri. Untuk itu, ketika kamu merasa stress atau terbebani dengan masalah yang ada, jangan ragu untuk bercerita dengan orang terdekat yang kamu percayai. Terkadang kamu hanya dengan bercerita dan didengarkan tentang isi pikiranmu dapat meringankan beban yang mengganggu pikiranmu.

Konsultasi ke psiokolog

Ketika kamu sudah melakukan upaya yang dapat kamu lakukan sendiri semaksimal mungkin, namun kamu masih merasa terpuruk, sedih, sendirian, stress, membawa beban berat, dan tidak memiliki jalan keluar, kamu perlu melakukan konsultasi ke psikolog. Dengan kamu melakukan konsultasi profesional, kamu akan menemukan titik permasalah dan jalan keluar yang perlu kamu lakukan. Untuk itu jangan ragu melakukan konsultasi ke psikolog.

Jadi, demikian pengertian smilling depression dan cara mengatasinya. Tetap ingat, jika memang ada masalah jangan ragu untuk konsultasi ke psikolog. Stay healthy, Sahabat Fimela.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading