Sukses

Health

Dipercaya Lebih Sehat, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Masakan

Fimela.com, Jakarta Selain dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut, minyak zaitun juga dikenal sebagai minyak yang lebih sehat. Minyak zaitun dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh, minyak zaitun seringkali dimanfaatkan untuk mengolah masakan. 

Manfaat minyak zaitun lebih dikaitkan dengan pola hidup yang lebih sehat. Ini mengingat bahwa kandungan lemak dalam minyak zaitun lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak-minyak lainnya.

Apa Manfaat Minyak Zaitun dalam Masakan

Pada dasarnya, penggunaan minyak zaitun pada masakan hampir sama dengan penggunaan minyak lainnya. Minyak zaitun digunakan untuk menggoreng, menumis atau bahan tambahan pada beberapa masakan agar memiliki cita rasa yang lebih lezat dan menggugah selera. Tapi berbeda dengan minyak lain, minyak zaitun dipercaya lebih sehat untuk setiap masakan. 

Pasalnya, konsumsi asam lemak jenuh pada minyak meningkatkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, salah satu cara yang dilakukan adalah konsumsi lemak jenuh yang rendah dalam minyak zaitun. Dalam minyak zaitun dipercaya memiliki kandungan asam lemak jenuh yang lebih sedikit sehingga cocok untuk pola hidup sehat.

Bagaimana Agar Minyak Zaitun Lebih Sehat?

Agar minyak zaitun yang dimanfaatkan sebagai masakan lebih sehat, usahakan agar penggunaan minyak secukupnya. Hindari menggoreng dengan minyak zaitun dalam porsi banyak atau deep frying. Menggunakan minyak zaitun dalam jumlah banyak akan membuat minyak yang terserap ke makanan juga banyak dan kandungan lemak yang rendah bisa berubah menjadi lebih banyak. 

Saat memasak dengan minyak zaitun, masaklah dengan teknik menumis dan gunakan sedikit minyak. Hindari juga memasak dengan api yang terlalu panas. Masaklah dengan api yang kecil atau sedang. 

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun khususnya untuk masakan dan kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading