Cara Mudah Mengembalikan Energi Tubuh Setelah Berolahraga

Mimi Rohmitriasih21 Jun 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 12:15 WIB
perempuan olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Ini dilakukan demi mendapatkan tubuh yang bugar, sehat dan semangat. Meski olahraga adalah aktivitas yang penting, pastikan untuk melakukan olahraga secukupnya. Terus menerus olahraga apalagi saat badan sudah lelah justru akan berdampak buruk buat kesehatan. 

Mengenai olahraga, kenapa aktivitas ini sering kali membuat lelah? Melansir dari laman healthline.com, badan lelah setelah olahraga disebabkan karena protein dalam tubuh terpecah menjadi energi. Lemak dan kalori dalam tubuh bisa berkurang dan menjadi energi saat kita olahraga. Ketika energi terkuras untuk olahraga, hal ini akan membuat tubuh terasa lelah dan perut pun terasa lapar. 

Lantas, bagaimana untuk mengembalikan energi yang hilang setelah olahraga? Simak yang berikut ini.

Istirahat

perempuan olahraga
ilustrasi olahraga di rumah/BUNDITINAY/Shutterstock

Pastikan untuk memiliki istirahat cukup setelah olahraga. Istirahat bisa mengembalikan rasa lelah selepas olahraga. Sambil istirahat kamu bisa memijat bagian tubuh yang terasa pegal dan lelah. Ini sekaligus bermanfaat melancarkan peredaran dalam dalam tubuh dan mengendurkan otot-otot yang kencang. 

Minum Cukup

lemak perut
ilustrasi olahraga/Photo by Gesina Kunkel on Unsplash

Usahakan untuk minum air putih cukup selepas olahraga. Air akan mengembalikan energimu secara perlahan setelah olahraga. Olahraga akan membuatmu berkeringat lebih, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, kamu bisa minum air putih atau minuman isotonik.

Konsumsi Makanan Sehat

tubuh langsing diet
ilustrasi perempuan sehat olahraga/photo created by senivpetro - www.freepik.com

Makanan yang mengandung karbohidrat komplek, vitamin C, protein, dan zat besi baik untuk mengembalikan energi dan stamina yang hilang setelah olahraga. Hindari makana berlemak seperti gorengan dan minuman mengandung banyak gula setelah olahraga karena ini justru membuat tubuh tidak sehat. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk memiliki olahraga cukup ya Sahabat Fimela. Jika pun kamu tak sempat olahraga setiap hari, kamu bisa melakukan olahraga rutin minimal satu kali dalam seminggu.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela