Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Alasan Ilmiah Kenapa Pria Mudah Mengantuk Setelah Berhubungan Intim

Mimi Rohmitriasih28 Jun 2022, 20:45 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 20:45 WIB
mencegah kram saat berhubungan intim

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, salah satu kunci pernikahan bahagia yakni dengan memiliki hubungan intim rutin dan berkualitas. 

Melansir dari laman healthline.com, hubungan intim yang berkualitas bermanfaat meningkatkan kesehatan fisik pasangan suami istri. Tak hanya itu saja, lewat hubungan intim, suami istri juga bisa semakin dekat secara psikis dan mengenal lebih jauh mengenai karakter masing-masing. 

Berbicara mengenai hubungan intim, salah satu hal paling menjengkelkan bagi kebanyakan perempuan setelah berhubungan intim adalah melihat suaminya langsung tertidur pulas tanpa peduli dirinya lagi. Padahal, hampir semua perempuan menginginkan suasana hangat setelah berhubungan intim baik itu berupa pelukan, saling bercanda atau sekedar bercerita keseharian masing-masing.

Kebiasaan Tertidur Setelah Berhubungan Intim

hubungan intim seksual
ilustrasi hubungan intim/copyright by 4 PM production from Shutterstock

Melansir dari laman livescience.com, hampir semua pria akan tertidur pulas setelah berhubungan intim. Sebagian besar pria akan mudah sekali mengantuk setelah berhubungan intim. Kenapa ini bisa terjadi? 

Para ahli menemukan jika aktivitas hubungan intim atau seks terasa lebih melelahkan bagi pria dibandingkan bagi perempuan. Hubungan intim bisa menguras tenaga dan energi pria. Mark Leyner dan Billy Goldberg, M.D., penulis buku Why Do Men Fall Asleep After Sex?, menjelaskan jika pengerahan tenaga saat berhubungan intim dan setelah klimaks menguras habis glikogen penghasil energi yang ada dalam otot. Inilah yang kemudian membuat tubuh terasa sangat lelah, lemas dan mengantuk. 

Pikiran Lebih Rileks Membuat Tidur Makin Nyenyak

ilustrasi hubungan intim
Ilustrasi pasangan suami istri di tempat tidur/copyright freepik.com/lookstudio

Saat berhubungan intim dan mengalami orgasme, ada banyak bahan kimia yang dikeluarkan oleh pria bersama sperma. Saat mencapai orgasme,  pria juga akan melepaskan hormon stres dari dalam tubuh dan otak. Inilah yang kemudian membuat otak pria menjadi semakin rileks dan nyaman. Kenyamanan inilah yang membuatnya mudah sekali mengantuk hingga tertidur sangat pulas setelah berhubungan intim. 

Mengenai hal ini, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika pasangan yang memiliki hubungan intim berkualitas lebih mungkin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Khususnya untuk para pria di dalamnya. Pasangan ini juga sangat mungkin memiliki hubungan yang lebih bahagia dan penuh cinta. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan Sahabat Fimela tak perlu jengkel apalagi marah jika mendapati suami mudah mengantuk dan tertidur pulas setelah berhubungan intim.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela