Sukses

Health

5 Makanan yang Penting Dihindari Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar perempuan, kenaikan berat badan menjadi mimpi buruk yang jadi kenyataan. Tubuh yang semakin gemuk akan membuat sebagian besar perempuan merasa gelisah, sedih dan kecewa. Ini juga akan membuat sebagian besar perempuan merasa kurang percaya diri bahkan di depan pasangannya sendiri. 

Ketika ingin memiliki berat badan ideal atau menurunkan berat badan, salah satu hal yang penting diperhatikan adalah pola makan dan pemilihan makanan sehari-hari. Melansir dari laman liputan6.com, kunci keberhasilan menurunkan berat badan atau program diet adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan selain harus memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. 

Berikut beberapa jenis makanan yang penting dihindari saat kamu ingin menurunkan berat badan.

Karbohidrat

Makanan pertama yang penting dihindari jika ingin berhasil diet atau menurunkan berat badan adalah makanan dengan kandungan karbohidrat lebih. Saat diet, untuk sementara waktu hindari mengonsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, mie, kentang, umbi-umbian dan tepung. Jika pun ingin mengonsumsi karbohidrat agar energi dalam tubuh tetap stabil, usahakan untuk membatasi atau mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Makanan Kaleng

Penting juga untuk menghindari makanan kaleng selama diet. Makanan kaleng biasanya diolah dengan proses yang cukup panjang dan waktu lama. Proses pengolahan ini seringkali membuat makanan kaleng kehilangan banyak nutrisi di dalamnya. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kelancaran program diet. Makanan kaleng yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan setiap hari dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Gula

Gula sebenarnya menjadi asupan yang penting untuk tubuh. Tapi, jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya batasi jumlah gula yang dikonsumsi setiap harinya. Kelebihan konsumsi gula bisa menyebabkan kegemukan bahkan penyakit mematikan lainnya. 

Garam

Sama dengan gula, garam juga bisa menyebabkan kegemukan. Garam akan membuat makanan terasa lebih gurih sehingga membuat kita cukup sulit untuk menghentikan aktivitas makan. Tentu hal ini tidak baik untuk keberhasilan program penurunan berat badan atau diet.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga sangat penting dihindari selama menurunkan berat badan. Makanan cepat saji umumnya kaya akan gula dan garam di dalamnya. Makanan ini juga mengandung bahan pengawet, penyedap dan sejenisnya yang sangat tidak baik buat kesehatan. 

Itulah sedikitnya lima makana yang sebaiknya dihindari jika ingin menurunkan berat badan. Saat melakukan program diet, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih cukup setiap harinya, istirahat dan olahraga rutin. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading