Sukses

Health

6 Cara Meredakan Sakit Pinggang saat Menstruasi dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Sakit pinggang bisa dialami oleh siapa saja, dari mulai remaja hingga lansia, baik pria maupun perempuan. Penyebab sakit pinggang pun beragam, bisa karena salah posisi tidur, kesleo, saraf kejepit, masalah otot dan tulang, hingga gangguan ginjal.

Sakit pinggang bisa dirasakan perempuan saat sedang menstruasi. Penyebab utama sakit pinggang saat menstruasi adalah karena perubahan hormon. Menurut sebuah studi, perubahan hormon ini memengaruhi kontraksi pada rahim yang bisa menyebabkan sakit pinggang dan juga kram.

Sakit pinggang saat menstruasi bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada perempuan karena bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Berikut ini tips meredakan sakit pinggang saat menstruasi yang bisa dicoba di rumah.

1. Makan Cokelat

Selain aman dikonsumsi saat menstruasi karena tidak membuat berat badan naik, makan dark chocolate atau cokelat hitam bisa mengurangi frekuensi sakit pinggang saat menstruasi. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam cokelat hitam bersifat antiradang yang bisa meredakan nyeri sakit pinggang secara alami.

2. Peregangan

Melakukan peregangan bisa meringankan sakit pinggang dan kram perut saat menstruasi. Caranya mudah, bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri tegak, lekukkan pinggang ke kanan dan ke kiri secara bergantian selama 10 detik, ulangi hingga frekuensi sakit pinggang berkurang.

3. Kompres Hangat

Mengompres dengan menempelkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat di pinggang bisa meredakan sakit pinggang saat menstruasi. Caranya, kompres di bagian pinggang yang sakit selama 15 menit, ulangi setiap 2 jam sekali sampai sakit pinggang reda.

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan meredakan sakit pinggang saat menstruasi karena suhu air yang hangat bisa memperlebar pembuluh darah. Oksigen dan aliran darah dalam tubuh pun lebih lancar, sehingga otot pinggang yang tegang penyebab sakit pinggang bisa diredakan.

5. Istirahat

Sakit pinggang yang berat akan menganggu aktifitas sehari-hari. Jika tidak sanggup melakukan peregangan, apalagi olahraga ringan, istirahat bisa menjadi solusinya. Saat istirahat, perhatikan juga posisi tidur karena posisi tidur yang salah bisa semakin memperparah sakit pinggang saat menstruasi.

6. Olahraga Rutin

Tidak dianjurkan untuk berolahraga berat karena dikhawatirkan akan semakin memperparah sakit pinggang. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, dan yoga bisa melancarkan peredaran darah dan meredakan nyeri sakit pinggang secara alami. Lakukan olahraga ringan dengan rutin agar sakit pinggang saat menstruasi membaik secara berangsur-angsur.

Sekian tips meredakan sakit pinggang saat menstruasi. Jika sakit pinggang bertambah parah dan tidak kunjung reda, segera pergi ke dokter, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading