5 Penyebab Susah Naik Berat Badan yang Perlu Kamu Tahu

Vania Al kautsar29 Jun 2022, 12:46 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 12:46 WIB
Timbangan - Vania

Fimela.com, Jakarta Memiliki badan yang ideal tentu impian semua oranh terutama bagi perempuan, ketika melihat temannya yang selalu makan terus menerus tapi tidak gemuk tentu akan membuat iri. Perasaan ini mungkin kerap dialami oleh banyak orang dan membuat mereka bertanya mengapa tidak bertambah berat badan? Atau mungkin mengapa mereka tidak gemuk?

Tahukah kamu? Bahwa beberapa orang merasa kesulitan untuk menaikkan berat badan? Hal ini mungkin terdengar mustahil, tetapi beberapa orang mengalami hal ini. Sulit menaikkan berat badan tentu menjadi pikiran bagi seseorang yang memiliki badan kurus.

Ha ini mungkin berkaitan dengan galtor genetik yang dialami oleh setiap orang, menambah berat badan atau mempertahankannya tentu menjadi tugas yang sulit bagi beberapa orang. Berikut beberapa penyebab sulit naik berat badan yang dialami oleh beberapa orang:

1. Hipertiroidisme

Masalah Tiroid
Ilustrasi Keringat Berlebih Credit: Freepik

Tiroid yang terlalu aktif atau sering disebut sebagai hipertiroidisme, biasanya akan membuat tubuh memiliki kelebihan hormon. Hormon tiroid memiliki tugas untuk mengatur banyak elemen metabolisme. Seseorang yang hipertiroidisme, biasanya memiliki metabolisme yang sangat aktif dan lebih sering membakar kalori di setiap harinya. Ternyata tanpa adanya pengobatan yang tepat, seseorang yang memiliki hipertiroidisme akan kesulitan menambah berat badan.

2. Diabetes Tipe 1

Alternatif Untuk Mencegah Diabates
Ilustrasi Penyakit Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Diabetes tipe 1 merupakan salah satu jenis autoimun yang mungkin dialami oleh beberapa orang. Kondisi ini terjadi ketika autoimun di dalam tubuh akan mrnghancurkan sel-sel di pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk metabolisme glukosa. Hal ini terkadang dapat membuat seseorang mengalami penurunan berat badan berlebih.

3. Penyakit Radang Usus

ilustrasi radang usus/pixabay
ilustrasi radang usus/pixabay

Penyakit radang usus merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan kondisi peradangan usus. Kondisi satu ini biasanya berkaitan dengan penyakit Crohn dan Kronsotis Ulserativa, yang berdampak pada kemampuan seseorang untuk memperhatankan berat badannya.

Terkadang kondisi satu ini dapat membuat seseorang membatasi makanan apa yang harus mereka konsumsi, selain itu mereka mungkin akan mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan penurunan berat badan dan diare.

4. Gangguan Makan

Hilang Nafsu Makan - Vania
Ilustrasi Hilang Nafsu Makan/https://www.shutterstock.com/Rawpixel.com

Ada banyak jenis makanan yang sering kita jumpai selain itu memiliki kandungan dan nutrisi yang berbeda juga. Mungkin beberapa orang yang mengalami gangguan pada makanan bisa jadi dapat mengalami kesulitan untuk memiliki berat badan yang ideal atau mempertahankannya.

Anoreksia nervosa ternyata dapat membuat seseorang mengalami penurunan berat nadan yang sangat ekstrem atau mungkin mereka akan mengalami kesulitan untuk menambah berat badan mereka.

5. Obat-Obatan

Adanya Masalah pada Sistem Pencernaan
Ilustrasi Mengonsumsi Obat Credit: pexels.com/Mart

Ketika kamu sedang sakit dan mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan mungkin saja akan merasakan tidak nafsu makan, mual, atau bahkan diare. Obat yang kita konsumsi tentu memiliki efek samping didalamnya dan berbeda dari beberapa jenis obat yang kita konsumsi.

Bisa jadi beberapa obat yang kamu konsumsi dapat memberikan efek samping pada penambahan atau penurunan berat badan, yang membuat kamu kesulitan untuk menaikkan berat badan.

Lanjutkan Membaca ↓